Loading...

10 Cara Memanfaatkan Bekas Teh Celup Kantong Yang Tidak Terpakai

Menikmati secangkir teh di pagi hari kini semakin dipermudah dengan banyaknya bermunculan jenis teh celup. Ya, menyeduh teh kini semudah menuangkan air putih ke dalam gelas.

Dengan teh celup, kita tidak perlu repot menyingkirkan atau menyaring daun-daun teh di dalam gelas. Cukup dengan celup dan celup terus hingga teh air berubah warna sesuai keinginan.

Baca dulu:

  1. Cara Tepat dan Benar Minum Teh Celup

Lantas, setelah menggunakan teh celup, apa yang anda lakukan? Membuangnya begitu saja bukan?

loading...

Ya, kebanyakan orang akan membuang percuma bekas teh celup yang selesai dipakai. Tapi tahukah anda bahwa bekas atau sisa teh celup masih bisa dimanfaatkan? Untuk apa?

Berikut diantaranya manfaat dari teh celup bekas.

Manfaat Teh Celup Bekas

Kantong berisi teh bekas minuman anda jangan langsung dibuang. Karena anda masih bisa menggunakannya lebih dari sekedar untuk membuat minuman yang lezat dan menghangatkan di cuaca yang dingin.

Bekas teh kantong kecil yang penuh antioksidan itu bisa anda gunakan lagi, diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Times of India berikut ini:

1. Untuk bercocok tanam
Serbuk teh bekas dari minuman anda akan melindungi tanaman dari infeksi jamur. Anda bisa campurkan dalam air kemudian gunakan untuk menyiram tanaman. Juga anda bisa membuka kantung teh celup, lalu mencampurkan daun teh dengan lapisan atas tanah untuk membuatnya lebih subur.

2. Menambah cita rasa pasta
Bila anda terbiasa membuat pasta dan mulai bosan dengan rasa yang dihasilkan, cobalah untuk tidak membuang langsung. Namun anda bisa coba celupkan kantung teh saat air mendidih. Kemudian anda bisa memasukkan pasta, namun sebelumnya kantung teh celup anda keluarkan dulu agar rasanya meresap ke dalam pasta.

3. Bau pada sepatu hilang
Bau tidak sedap yang biasanya keluar dari sepatu bisa dicegah dengan cara memasukkan kantong teh celup bekas yang kering. Hal ini dikarenakan teh akan menyerap bau tak sedap dalam sepatu. Anda pun tak perlu lagi harus malu bila disuruh melepas sepatu.

4. Bau apek pada karpet menghilang
Selain untuk sepatu, kantong teh celup juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap yang muncul pada karpet ataupun keset. Caranya bisa anda lakukan dengan membasahi kantong teh dengan air hangat, robek kantongnya, lalu ratakan daun teh yang lembab ke karpet atau keset. Selanjutnya anda biarkan dulu hingga daun mengering, lalu sedot dengan penyedot debu. Bila anda ingin yang lebih wangi, maka anda bisa pilih teh dengan rasa lemon atau mint.

5. Membersihkan kaca
Kaca jendela dan pintu menjadi bagian rumah yang paling sulit untuk dibersihkan Salah satu benda yang paling sulit dibersihkan. Untuk itu anda bisa merebus lagi kantong teh itu, lalu gunakan airnya untuk membersihkan kaca.

6. Menghilangkan lemak pada cucian kotor
Lemak dan minyak yang menempel pada piring kotor bisa mudah dihilangkan dengan kantong teh celup bekas. Celupkan teh ke air hangat selama beberapa waktu, lalu gunakan air itu untuk mencuci piring.

7. Pedikur
Teh bisa menghilangkan kulit mati dan antioksidan bisa membantu peremajaan kulit. Pakai teh untuk merawat kaki yang lelah, apalagi bila seharian anda memakai sepatu hak tinggi. Teh akan membantu melemaskan otot dan menghilangkan nyeri atau bengkak pada kaki.

8. Kondisioner rambut
Untuk membuat rambut berkilau, anda bias menggunakan air teh sebagai kondisioner rambut.

9. Sebagai Penyegar ruangan
Teteskan sedikit minyak esensial favorit anda pada kantong teh celup bekas, lalu gantungkan di tempat dimana yang anda inginka, entah itu di rumah, kantor atau mungkin di dalam mobil.

10. Menghilangkan bau badan dan kulit mati
Daun teh adalah sumber antioksidan yang membantu meremajakan kulit. Celupkan kantong teh ke bak mandi, air teh akan menghilangkan bau badan tak sedap dan kulit mati.

Loading...
10 Cara Memanfaatkan Bekas Teh Celup Kantong Yang Tidak Terpakai | admin | 4.5