Loading...

10 Faktor Umum Penyebab Insmonia atau Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Susah tidur atau insomnia adalah kondisi dimana seseorang merasa kesulitan untuk bisa tidur di malam hari. Ada banyak penyebab susah tidur yang tentunya setiap orang akan berbeda alasannya. Misalnya saja stres, terlalu capek setelah seharian bekerja atau justru karena terlalu banyak tidur di siang harinya.

Penyebab insomnia atau susah tidur ada banyak, namun secara umum ada sepuluh faktor yang biasanya menjadi penyebab tidak bisa tidur di malam hari ini.

1. Pola tidur yang tidak konsisten
Untuk kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pergi tidur dan bangun pada kira-kira waktu yang sama setiap hari. Banyak orang memiliki kecenderungan untuk terjaga sampai sangat larut dan bangun sangat terlambat pada hari-hari mereka libur, ini yang mengganggu pola tidur yang normal.

2. Makan makanan berat terlalu dekat dengan waktu tidur
Tubuh anda membutuhkan waktu untuk menyelesaikan proses pencernaan, dan jika anda makan malam anda terlalu dekat dengan waktu tidur anda akan mengalami kesulitan tidur. Sementara jadwal kerja kadang-kadang dapat mempengaruhi proses ini, terutama mereka yang dapat bekerja baik full-time dan bekerja paruh-waktu tanpa istirahat, makan terlambat pasti akan memiliki efek yang merugikan pada kemampuan anda untuk tertidur.

3. Tidur dalam keadaan lapar
Ini adalah sesuatu yang banyak orang berusaha untuk dilakukan, terutama ketika mereka mencoba untuk menurunkan berat badan, dan merupakan salah satu hal terburuk yang dapat anda lakukan untuk kualitas tidur. Alih-alih dapat menurunkan berat badan, yang ada anda akan merasa sulit tidur karena perut lapar dan keroncongan.

4. Menunggu selelah mungkin baru tidur
Meskipun kelihatannya masuk akal untuk menunggu sampai anda lelah untuk pergi tidur, anda tidak sabar untuk menunggu sampai anda benar-benar capek atau anda akan mengalami kesulitan tidur.

5. Terlalu banyak tidur
Hal klasik ini bisa dilihat jika anak-anak suka tidur siang hari, malam harinya kebanyakan susah tidur. Hal tersebut juga bisa terjadi pada orang dewasa. Tubuh kita memerlukan waktu tertentu untuk beristirahat. Jika terlalu lama kita dalam kondisi istirahat, lecutan syaraf untuk memulai impuls syaraf juga lambat reaksinya, sehingga otot juga lama reaksinya terhadap aktifitas motorik.

6. Merokok
Nicotine pada rokok adalah substansi yang bertanggung jawab terjadinya insomnia pada beberapa perokok. Nikotin merangsang jantung berdetak lebih cepat. Nadi lebih kencang, karena aliran darah ke otak juga terisi lebih cepat. Rasa lelah/kantuk hilang. Dan tubuh menganggap dirinya masih terjaga/bekerja.

7. Banyak mengkonsumsi kafein
Konsumsi kafein telah dikaitkan dengan gangguan tidur, termasuk insomnia, karena efek fisiologis saja. Meskipun insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor lain seperti masalah kejiwaan, stres, obat-obatan atau alkohol, kurang olahraga, kebisingan yang berlebihan atau cahaya, dan penyakit fisik tertentu, telah ditemukan bahwa konsumsi kafein adalah penyebab paling umum dari gangguan tidur.

8. Suhu ruangan/badan terlalu panas atau terlalu dingin
Suhu tubuh bervariasi antara individu antara 36.2-37.8C. Lingkungan, apa yang kita makan, bagaimana kita merasa dan seberapa aktif kita semua faktor yang juga mempengaruhi tidur kita. Ada perubahan suhu tubuh pada siang hari dengan suhu terendah di pagi hari.

Hipotalamus di otak mengatur suhu tubuh dan darah dikirim ke kulit dan tubuh berkeringat ketika terlalu panas. Menjadi terlalu panas atau terlalu dingin pada malam hari akan merangsang otak, sehingga masuk akal untuk mencoba dan mengatur suhu badan untuk tidur nyenyak di malam hari.

Terlalu dingin juga akan mempengaruhi bagaimana mudahnya anda tertidur dan kualitas tidur. Cahaya, pakaian hangat dapat membantu anda tetap hangat dan dapat dimatikan lampu jika anda menjadi terlalu panas.

9. Ketidakmampuan untuk bersantai setelah pergi ke tempat tidur
Banyak orang membawa masalah pekerjaan, atau masalah keseharian ketika dia beranjak tidur. Problematika hidup, susah senang, masa depan dan penyesalan sering dibawa ke tempat tidur. Hal ini akan mempersulit tubuh merasakan rileks dan memulai untuk tidur nyaman. Sebaiknya anda melupakan masalah hidup anda sejenak agar tidur bisa cepat dimulai.

10. Kurangnya latihan
Walaupun anda tidak ingin melakukan terlalu banyak hal dekat dengan waktu tidur, sedikit latihan ringan dapat membantu anda bersantai dan membantu anda tertidur. CObalah berjalan-jalan diluar 10-15 menit sebelum tidur.

Orang mungkin banyak memiliki faktor susah tidur, namun sepuluh faktor diatas adalah yang paling umum dan sering terjadi. Segera cari tahu apa penyebab insomnia untuk menghilangkan susah tidur anda, jangan sampai terlalu lama anda mengalami insomnia atau susah tidur agar tidka menimbulkan penyakit lain.

Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia Tanpa Minum Obat

Nah, setelah kita tahu penyebabnya, maka selanjutnya adalah tentang bagaimana cara mengatasi susah tidur atau insomnia. Tentunya tidak dengan minum obat tidur, karena efek minum obat susah tidur seperti ini justru bisa mengakibatkan kecanduan dan mungkin kita justru akan semakin sulit tidur bila tidak minum obat tidur.

Ada tips sederhana untuk menghilangkan masalah yang sekaligus bisa menjadi obat insomnia atau susah tidur secara alami. Beberapa diantaranya bisa dilakukan dengan:

  1. Buat kamar menjadi lebih kondusif
    Membuat kamar tidur menjadi kondusif sehingga membuat rasa nyaman pada tubuh. Diantaranya dengan mematikan lampu dan juga alat-alat elektronik yang ada di kamar.Ini bisa menjadi sebaliknya bila kondisi ruangan terang dan mendengarkan musik justru merasa lebih nyaman. Maka anda lakukan sebaliknya. Namun secara umum memang orang lebih mudah tidur di kondisi yang gelap dan sunyi.
  2. Hindari kafein
    Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan cokelat layaknya anda hindari bila anda peka terhadap jenis minuman ini. Pada beberapa orang memang ada yang intoleran pada kafein, jadi meski hanya sedikit akan memberikan dampak besar kafein bagi tubuh. Salah satunya adalah menjadi sulit untuk memejamkan mata.
  3. Hindari tidur siang
    Jangan tidur di siang hari, apalagi setelah lewat jam 3 sore. Pastikan bila tidur siang tidak terlalu lama, hanya beberapa menit saja, tidak sampai 30 menit lebih.
  4. Hindari olahraga malam
    Hindari kegiatan olahraga berat 4-5 jam sebelum tidur. Bila memaksakan untuk olahraga berdekatan dengan waktu tidur, ini bisa jadi bukannya membuat tidur menjadi nyenyak, justru anda akan “kelimpungan” saat tidur karena badan terlalu capek.
  5. Berusahalah untuk rileks
    Lupakan pekerjaan yang menumpuk di kantor atau yang belum terselesaikan hari ini ketika beranjak ke tempat tidur.
  6. Atur ritme waktu atau jam tidur anda
    Jangan berubah-ubah. Ketika sudah terbiasa, maka tubuh secara otomatis akan memberikan sinyal mengantuk ketika jam tidur sudah tiba. Bila ternyata semua tips diatas tidak juga berhasil untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia yang anda alami, maka tentu saja ini artinya anda membutuhkan bantuan dari ahlinya. Ada baiknya bila anda berkonsultasi ke dokter mengenai permasalah yang anda hadapi tersebut.

Jangan biarkan kebiasaan susah tidur terus berlanjut karena itu hanya akan mengganggu kesehatan. Ingat, tubuh perlu istirahat yang cukup. Dan tidur adalah waktu yang sempurna bagi tubuh untuk mengistirahatkan diri secara keseluruhan sehingga anda bisa kembali fresh dan bersemangat untuk beraktivitas dalam keseharian.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

cara memperbaiki rice cooker yang terlalu panas, cara mengatasi istri yang susah diajak berhubungan, penyebab susah tidur, penyebab tidak bisa tidur, kata kata hidung mampet, kenapa susah tidur, tidur miring ke kiri perut sakit, susah tidur malam kenapa, kata kata hidung tersumbat, penyebab susah tidur malam, puasa susah tidur, susah tidur malam saat bulan puasa, penyebab susah tidur di bulan puasa, bagaimana bila tidur tengkurap bagi wanita ? apakah akan bermasalah untuk payudaranya, posisi tidur yang baik bagi penderita usus buntu
10 Faktor Umum Penyebab Insmonia atau Susah Tidur dan Cara Mengatasinya | inicarak | 4.5