Loading...

10 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Wanita Terlambat Haid atau Menstruasi

Terlambat haid sering dikaitkan dengan kondisi kehamilan. Karena itu ketika seorang wanita biasanya menstruasi yang keluar selalu teratur, namun bulan ini tiba-tiba saha terlambat tidak juga datang meski sudah beberapa hari dari jadwal, maka ia akan segera mencari alat tes kehamilan atau test pack.

Tidak selamanya terlambat haid atau datang bulan itu karena anda sedang hamil, bisa jadi anda terlambat menstruasi karena masalah lain. Terlambat haid atau siklus yang tidak teratur bisa dialami oleh semua wanita, termasuk juga wanita yang belum menikah. Menurut para ahli, ada banyak alasan kenapa wanita telat menstruasi. Dalam istilah medis, periode yang terlewati ini dikenal dengan istilah amenore.

Wanita tidak dianggap mengalami amenore sekunder hingga dia melewati tiga kali menstruasi secara berturut-turut. Namun, penyebab amenore sekunder umumnya sama dengan menstruasi yang lompat-lompat.

Apabila wanita sudah aktif seksual sebelum menikah, tapi tes kehamilan menunjukkan negatif, maka ada alasan lain kenapa anda tidak juga kunjung mendapatkan menstruasi.

Penyebab Terlambat Haid / Menstruasi / Datang Bulan

Sebenarnya, kondisi fisik dan emosional bisa mengganggu siklus menstruasi wanita. Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perempuan terlambat menstruasi.

1. Stres
Stres menjadi ancaman diam dan salah satu penyebab banyaknya penyakit yang memengaruhi tubuh Anda. Jika anda mengalami stres emosional, Anda bisa melewatkan menstruasi karena gangguan siklus hormonal.

2. Terlalu Kurus
Anda yang mengalami gangguan makan bisa menyebabkan organ vital tubuh tidak berfungsi dengan baik sehingga ini bisa menjadi alasan Anda terlambat menstruasi.

3. Terlalu Gemuk
Apabila berat Anda lebih dari 92 kilogram (kg), maka Anda dianggap obesitas. Anda pun bisa menjadi korban menstruasi yang tidak teratur dan menstruasi menjadi terlambat.

4. Sering Travelling
Apabila Anda sering bepergian antarbenua, Anda bisa mengalami terlambat haid. Ini karena adanya perubahan atau perbedaan suhu yang signifikan. Ketika tubuh Anda menyesuaikan waktu tertentu, maka Anda bisa terlambat haid.

5. Tubuh Tidak Fit
Sakit menjadi salah satu alasan kenapa Anda terlambat haid. Ketika tingkat kekebalan tubuh Anda turun, maka Anda tidak akan mengalami ovulasi dan inilah yang menyebabkan haid Anda menjadi tertunda.

6. Terlalu Banyak Olahraga
Bukannya baik untuk kesehatan, namun terlalu banyak olahraga justru bisa berdampak pada masalah seksual, yaitu terlambatnya haid. Ketika Anda mengekspose tubuh Anda dengan latihan yang berlebihan, ini memengaruhi kesehatan fisik Anda. Alasan inilah yang bisa membuat menstruasi Anda terlambat.

7. Konsumsi Obat-obatan
Apakah Anda minum obat-obatan secara teratur, karena ini bisa menyebabkan terlambatnya haid. Di sisi lain, ada beberapa obat yang memengaruhi tubuh termasuk siklus haid.

8. Gangguan Tiroid
Ini adalah masalah yang cukup umum dialami oleh wanita, yaitu gangguan tiroid sehingga memengaruhi ovulasi dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Apapun yang mengganggu normalnya ovulasi bisa menyebabkan menstruasi terlambat.

9. Perubahan Jadwal Kerja
Mengubah jadwal juga bisa memengaruhi jam tubuh Anda. Ini biasanya memengaruhi wanita yang memiliki fluktuasi jam kerja, seperti pergeseran pagi dan malam.

10. Salah Perhitungan
Siklus menstruasi bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya. Siklus menstruasi rata-rata selama 28 hari. Namun pada beberapa perempuan adanya yang memiliki siklus haid 30 hari atau lebih. Dengan demikian, ini menjadi alasan haid Anda terlambat.

Itulah beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab seorang wanita mengalami keterlambatan datang bulan atau haid atau menstruasi.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

apa yg menyebabkan Dp telat, dp menstruasi, Kenapah wanita telat dp
10 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Wanita Terlambat Haid atau Menstruasi | inicarak | 4.5