Loading...

10 Kebiasaan Buruk yang Tidak Baik untuk Kesehatan Jantung

Pastinya setiap orang, termasuk juga anda tentunya menginginkan jantung yang sehat. Namun sayang, hingga kini penyakit jantung masih menjadi momok yang menakutkan. Bahkan penyakit jantug disebut rawan terjadi pada 1 dari 3 orang dewasa.

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengetahui hal atau beberapa kebiasaan buruk yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung, untuk kemudian meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Seperti yang dikutip dari laman Health, berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya anda hindari bila ingin punya jantung yang sehat.

loading...

1. Menonton Tv Terlalu Lama
Duduk terlalu lama hingga berjam-jam bisa meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke, bahkan jika anda telah berolahraga secara teratur. Kurang bergerak bisa mempengaruhi kadar lemak dan gula.
Untuk mencegah hal tersebut, anda bisa berjalanan berkeliling secara berkala ketika sedang berada di kantor. Kemudian perbanyak gerakan; berdiri saat berbicara lewat telepon, misalnya.

2. Permusuhan dan Stres
Stres dan depresi akan memperburuk kesehatan jantung. Juga mengenai cara anda menangani emosi tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Banyak tertawa bisa meredam stres, dan dengan adanya dukungan sosial bisa membantu menyelesaikan masalah. Bila ada masalah, segera keluarkan, minta bantuan orang lain bila anda tidak bisa menyelesaikan sendiri.

3. Mendengkur
Mendengkur bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius, yakni obstructive sleep apnea. Seseorang yang menderita sleep apnea berisiko terkena penyakit kardiovaskuler. Gangguan ini ditandai dengan pernapasan yang terganggu selama tidur, hingga menyebabkan tekanan darah tinggi.

Jika anda mendengkur dan sering terbangun dengan perasaan lelah, konsultasikanlah dengan dokter anda.

4. Jarang Menyikat Gigi
Jika Anda tidak teratur menyikat gigi, tumpukan plak yang sarat bakteri dapat menyebabkan penyakit gusi. Satu teori adalah bahwa bakteri ini memicu peradangan di dalam tubuh. Mengobati penyakit gusi dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah .

5. Menarik Diri
Walau tidak semua orang itu bisa semenyenangkan yang kita harapkan, namun jangan berhenti memperkuat hubungan anda dengan orang-orang yang benar-benar anda suka. Karena mereka yang menjalin koneksi kuat dengan keluarga, teman, dan masyarakat pada umumnya cenderung hidup sehat lebih lama.

Setiap dari kita membutuhkan waktu sendirian (me time), tetapi anda masih harus bertemu dengan orang lain dan tetap bersosilisasi kapan pun anda bisa.

6. Terlalu Gemuk
Kelebihan berat badan merupakan faktor utama untuk penyakit jantung. Untuk memperkecil risiko penyakit jantung, cobalah makan dengan porsi lebih kecil, dan ganti minuman manis dengan air putih. Juga disarankan untuk mengurangi makanan dengan karbohidrat berkalori tinggi.

7. Jangan Sepelekan Risikonya
Jangan menganggap Anda tidak berisiko, karena semua orang bisa beresiko penyakit jantung. Tekanan darah tinggi dan kolesterol, diabetes, kelebihan berat badan, dan merokok merupakan faktor-faktor risiko yang harus dicek berkala.

8. Merokok atau Hidup dengan Perokok
Merokok adalah bencana bagi jantung anda. Merokok menyebabkan pembekuan darah, yang dapat memblokir aliran darah ke jantung dan berkontribusi terhadap penumpukan plak di arteri. Selain berhenti merokok, anda juga harus menghindari lingkungan perokok. Karena perokok aktif dan pasif sama-sama bisa berbahaya bagi kesehatan.

9. Menghindari Buah dan Sayuran
Penelitian menemukan bahwa orang yang makan lebih dari lima porsi buah dan sayuran sehari berisiko 20 % lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke; dibanding mereka yang makan kurang dari tiga porsi per hari.

Pola makan nabati disarankan untuk mencegah penyakit jantung. Di antaranya, memperbanyak asupan buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, susu rendah lemak, dan protein; serta menghindari junk food.

10. Terbiasa Menyantap Makanan yang Asin
Pola makan berpengaruh terhadap kesehatan jantung anda. Semakin banyak garam yang anda konsumsi setiap hari, maka semakin tinggi tekanan darah anda. Karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung.

Sebaiknya anda jauhi junk food, baca terlebih dahulu label komposisi sodium pada label kemasan, dan perbanyak konsumsi buah, sayur dan kacang-kancangan.

Loading...
10 Kebiasaan Buruk yang Tidak Baik untuk Kesehatan Jantung | inicarak | 4.5