Loading...

10 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi

Untuk mendapatkan gigi yang sehat sempurna bisa dilakukan dengan rajin membersihkan gigi dengan baik dan benar. Selain itu, kesehatan gigi juga bisa dijaga dengan rutin mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa jenis makanan yang diklaim baik untuk mendapatkan gigi yang sehat alami adalah seperti:

1. Apel
Apel bisa dikatakan sebagai sikat gigi alami yang sempurna. Apel membantu untuk meningkatkan aliran air liur di mulut dan mencegah penumpukan makanan pada rongga, sehingga pada akhirnya mampu membersihkan permukaan gigi. Selain itu, apel juga sarat dengan berbagai vitamin dan mineral.

2. Biji wijen
Biji-biji kecil ini kaya akan kalsium, yang membantu dalam menjaga gigi Anda sehat dan kuat. Selain itu, biji wijen melarutkan plak yang terbentuk dan membangun enamel gigi.

loading...

3. Gandum
Gandum mengandung karbohidrat kompleks, serat dan berbagai vitamin. Selain itu gandum juga kaya akan magnesium yang membantu penyerapan kalsium dari darah untuk tulang dan gigi untuk membuatnya tetap sehat.

4. Kakao
Kakao sebenarnya baik untuk gigi Anda. Kakao mengandung zat yang membantu untuk mengurangi peradangan gusi dan mencegah erosi gigi dan pembusukan.

5. Keju
Merupakan pilihan yang sangat baik untuk membuat gigi Anda kuat dan sehat. Keju juga mengandung kasein, yang membantu dalam memperkuat permukaan gigi Anda. Oleh karena itu, jika Anda rentan terhadap gigi bolong, mulailah mengunyah sepotong kecil keju untuk mencegah pembusukan.

6. Kiwi
Mengandung banyak vitamin C. Jumlah yang tepat dari vitamin C dalam tubuh membantu dalam menjaga jaringan kolagen di gusi Anda, mencegah infeksi gusi, mempercepat penyembuhan dan memperkuat gusi yang selanjutnya akan membantu mencegah penyakit periodontal.

7. Permen karet bebas gula
Mengunyah permen karet bisa menjadi cara lain untuk meningkatkan produksi air liur Anda. Mengunyah permen karet bebas gula juga bisa menguatkan rahang Anda.

8. Pir
Pir adalah buah yang berserat di alam, hal ini membantu dalam memproduksi air liur tambahan di mulut Anda. Pir juga memiliki asam yang lebih besar untuk menetralkan efek pada permukaan gigi. Makan buah pir setiap hari untuk menjaga permukaan gigi Anda tetap kuat dan sehat.

9. Sarden
Sarden memiliki tingkat yang sangat tinggi dari kalsium dan vitamin D. Keduanya memainkan peran penting dalam perkembangan tulang. Sesuai standar diet, makan tiga ons ikan sarden kalengan hampir sama dengan kalsium yang diperoleh dari secangkir susu.

10. Seledri
Merupakan senjata terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan bakteri di mulut. Mengunyah seledri bisa membantu dalam memproduksi air liur lebih banyak di mulut Anda yang selanjutnya mencegah produksi plak. Anda bisa mengunyah sebatang seledri satu kali seminggu.

Loading...
10 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi | inicarak | 4.5