Loading...

10 Tips Cara Menghemat Baterai Laptop atau Notebook ASUS

Banyaknya program aplikasi yang dijalankan di laptop ikut punya andil besar dalam menyebabkan baterai boros atau cepat habis. Jadi intinya, daya tahan baterai tergantung dari bagaimana kita menggunakan laptop. Untuk menghemat konsumsi baterai, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pastikan bahwa baterai sudah tercharge penuh sebelum digunakan. Sering men-charge baterai yang belum penuh dan sudah dipakai atau dicabut lama-lama bisa merusakkan kualitas baterai. Karena itu, biasakan baterai tercharge sampai penuh.

2. Cek Screen Saver. Tampilan yang berubah-ubah otomatis pada layar notebook akan sangat memakan baterai, sekalipun cukup kecil namun berulang-ulang sembari anda beraktivitas dia akan terus berubah sendiri. Untuk mengatur screen saver, silahkan klik Control Panel -> Appearance and Personalization -> Change Screen Saver -> pilih (None) pada dropdown menu.

loading...

3. Jika Anda menggunakan Windows 7, maka matikan Desktop Gadget semuanya, lagipula tidak anda gunakan saat beraktivitas berat. Begitu pula Windows yang lain jika anda menginstal gadget-gadget yang membuat tampilan otomatis pada desktop maka dimatikan saja.

4. Cek Brightness dan Contrast. Redupkan keduanya, agar selain menghemat baterai juga menghemat mata anda agar tidak cepat lelah karena keduanya yang terlalu terang.

5. Lepas semua peripheral eksternal yang mencolok ke USB port. Semua device yang ON mencolok pada USB port itu memakan listrik.

6. Non-aktifkan speaker jika tidak dipakai.

7. Matikan semua hardware yang tidak sedang terpakai, seperti Bluetooth, WiFi, dll.

8. Matikan start-up yang tidak perlu.

9. Hentikan Task Scheduler, seperti Antivirus, Defraggler, Anti Spyware dan lain-lain.

10. Gunakan aplikasi pemantau baterai seperti misal BatteryCare, dll, cukup satu saja yang dipakai. Aplikasi seperti ini lumayan memberitahu kualitas baterai anda.

Jika langkah di atas sudah diikuti dan ternyata konsumsi baterai anda rasa tidak normal, maka anda bisa mencoba langsung menghubungi service center terdekat agar tim service center ASUS atau dari perusaan notebook anda bisa membantu anda mengatasi gangguan yang terjadi.

Loading...
10 Tips Cara Menghemat Baterai Laptop atau Notebook ASUS | inicarak | 4.5