Loading...

3 Bahaya Minuman Bersoda yang Harus Anda Tahu

Minum minuman bersoda setelah berolahraga memang terasa menyegarkan dan membut kita makin bersemangat. Sayangnya, minum minuman bersoda ini ternyata sangat tidak baik dan bahkan bisa berdampak buruk untuk kesehatan ginjal kita.

Baru-baru ini sebuah studi menyebutkan bahwa hanya dengan minum dua gelas minuman bersoda, ini akan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal kronis sebesar 30 persen. Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah tiga bahaya minum minuman bersoda untuk kesehatan ginjal:

1. Batu Ginjal
Kandungan asam fosfat dalam minuman bersoda bisa mengikat kalsium dan mengendapkannya di ginjal. Dalam waktu tertentu, kondisi ini bisa memicu terbentuknya batu ginjal.

loading...

2. Penurunan Fungsi Ginjal
Pemanis buatan yang biasanya ada dalam soda diet atau pun soda biasa, ternyata bisa menyebabkan terjadinya penurunan fungsi kerja ginjal bila Anda mengonsumsinya lebih dari 2 gelas per hari. Kandungan pemanis buatan yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan memperparah kondisi ginjal.

3. Penyakit Ginjal Kronis
Minuman bersoda mengandung kadar sodium yang cukup tinggi. Kemampuan ginjal dalam mem-filter zat-zat yang tidak diperlukan tubuh akan mengalami penurunan sebagai dampak dari tingginya kadar sodium dalam tubuh. Jika ini terjadi maka tubuh akan menyimpan terlalu banyak racun dalam darah.

Jadi, tak peduli apa jenis minuman soda yang Anda konsumsi. Minuman bersoda tetaplah berbahaya. Kurangi mulai sekarang!

Loading...
3 Bahaya Minuman Bersoda yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5