Loading...

3 Cara Diet yang Sehat untuk Penderita Sakit Maag

Kelebihan berat badan merupakan masalah yang bisa dialamai oleh siapa saja, termasuk juga oleh penderita sakit maag. Sayangnya, menjalankan program diet untuk orang yang mempunyai masalah dengan sakit maag bukanlah hal yang mudah. Adanya gangguan pada saluran pencernaan akan menyebabkan kembung, sakit di ulu hati, dan beberapa keluhan lain yang dipicu oleh jumlah asam lambung berlebih. Lalu, bagaimana cara diet untuk orang yang mempunyai masalah dengan sakit maag?

1. Makan yang teratur
Prinsip utama bagi penderita maag adalah makan dengan jarak waktu yang teratur. Untuk diet, makanlah dalam porsi kecil setiap 3 jam sekali. Jangan pernah membiarkan perut terlalu lama kosong. Selain mengurangi makan, cobalah lebih teratur berolahraga, misalnya jalan kaki 30 menit sehari.

2. Step by step
Untuk menurunkan berat badan sebaiknya tak dilakukan secara drastis, apalagi bagi penderita maag. Capailah berat badan ideal dalam beberapa tahap. Misalnya, tahap pertama, tentukan target menurunkan berat badan sekitar 5-10 persen atau 4-9 kg dari berat badan saat ini. Setelah target pertama tercapai, barulah kemudian menentukan target yang kedua, dan selanjutnya.

loading...

3. Perkecil porsi maka
Untuk diet, kurangi jumlah makanan hingga 1/3 atau 1/2 dari porsi biasanya Anda makan. Minum susu nonfat tanpa gula atau teh hangat tanpa gula. Gantilah camilan dengan buah-buahan segar yang tidak asam. Selain itu, hindarilah mengonsumsi makanan yang diolah dengan minyak atau santan kental.

Pada saat sedang menjalani diet, jika perlu berkonsultasilah dengan dokter untuk mengonsumsi obat maag. Semoga bermanfaat.

Loading...
3 Cara Diet yang Sehat untuk Penderita Sakit Maag | inicarak | 4.5