Loading...

3 Cara Mencegah Kehamilan

Bagi sebagian pasangan mendapatkan kehamilan adalah suatu impian yang seringkali menjadi hal yang sangat sulit untuk dicapai. Namun demikian, ada juga pasangan yang karena mungkin sudah memiliki beberapa anak maka ingin menghentikan atau berhenti agar tidak hamil lagi.

Salah satu cara mencegah kehamilan adalah kontrasepsi atau kontrol kelahiran. Seperti yang dikutip dari laman Symptomfind, ada beberapa metode kontrol kelahiran yang terbaik yang bisa dilakukan.

1. Metode Fertility Awareness
Ini merupakan metode keluarga berencana (KB) dimana wanita mengetahui siklus masa suburnya yang memungkinkan dirinya bisa hamil jika melakukan hubungan seksual. Biasanya masa subur itu terjadi 2-4 hari setelah menstruasi terakhir. Pasangan suami istri biasanya tidak akan berhubungan seks dalam masa 10 hari setelah menstruasi.

loading...

2. Metode Hormonal
Metode hormonal adalah mengendalikan kelahiran dengan mengendalikan hormon estrogen pada wanita atau progesteron pada laki-laki. Metode hormonal ini akan menghambat ovulasi, pembuahan, atau implantasi telur yang dibuahi.

Metode ini bisa berupa suntikan, kontrasepsi oral, atau pil KB yang diminum setiap hari untuk mencegah indung telur dari pelepasan sel telur. Pil KB perlu dikonsumsi dengan rutin.

Ada juga cincin vagina yang dimasukkan ke dalam vagina dan dibiarkan di sana selama tiga pekan, kemudian dilepaskan dan dipasang kembali. Cincin ini harus dikenakan tiga pekan penuh dan akan memancarkan hormon ke dalam tubuh Anda untuk mencegah kehamilan. Suntikan hormonal diberikan kepada Anda sesuai dengan resep dokter.

3. Metode Barrier
Metode ini dirancang untuk mencegah sperma pria memasuki rahim perempuan, sehingga kehamilan tidak akan terjadi. Metode barrier ini menggunakan perangkat fisik atau zat kimia yang digunakan setiap kali Anda melakukan hubungan intim.

Metode barrier yang paling umum adalah kondom laki-laki atau kondom perempuan. Ini banyak tersedia di toko-toko obat dan supermarket. Cara lainnya adalah menggunakan diafragma, penutup serviks dan perisai serviks, atau spons kontrasepsi. Ini bisa memblok sperma memasuki dinding rahim dan harus dimasukkan ke dalam vagina. Biasanya ini dipasangkan oleh dokter.

Itulah informasi mengenai beberapa cara agar tidak hamil yang biasa dilakukan. Semoga dapat memberikan manfaat.

Loading...
3 Cara Mencegah Kehamilan | inicarak | 4.5