Loading...

3 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes mellitus dari tahun ke tahun terus meningkat, begitu juga di Indonesia. Diabetes mellitus sendiri merupakan suatu kondisi di mana glukosa dalam darah atau kadar gula meninggi secara abnormal.

Penyebab naiknya kadar gula darah adalah terkait dengan kebiasaan yang dijalani banyak masyarakat kini, misalnya menyeruput teh manis, makan gorengan, ngemil, stres dan merokok. Namun anda tidak perlu khawatir, karena gula darah bisa diturunkan bila anda mau rutin mengonsumsi makanan tertentu.

Seperti yang dikutip dair laman Healthmeup, berikut ini adalah beberapa jenis bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah.

loading...

1. Teh hijau
Teh hijau banyak mengandung antioksidan. Karena itu teh hijau baik untuk kesehatan. Antioksidan yang ada di dalam secangkir teh hijau, bisa membantu menurunkan kadar glukosa, mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, dan memerkuat sistem kekebalan tubuh. Teh hijau dikemas dengan kalium, vitamin C, fluor, vitamin B, dan yodium yang dapat membantu memerangi diabetes.

2. Cuka apel
Rutin mengonsumsi 2 sdm cuka yang berasal dari sari apel sebelum makan bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes hingga 50 persen, demikian menurut para ahli. Cuka memiliki sifat dapat mempertahankan kadar glukosa tubuh segera setelah makan.

3. Karela
Nama lain karela adalah pare. Ya, buah yang berasa pahit ini biasanya dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi sayur. Namun anda bisa membuatnya menjadi jus dan meminum segelas jus karela setiap pagi untuk membantu anda melawan diabetes secara alami. Karela dapat merangsang pankreas, hati, dan limpa yang dapat mengatur tingkat gula darah. Selain itu, karela juga dapat membuat metabolisme para diabetesi lebih baik.

Loading...
3 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes | inicarak | 4.5