Loading...

3 Gangguan Kesehatan yang Mungkin Terjadi Terkait Musim Dingin

Beberapa daerah di Indonesia saat ini sedang mengalami musim hujan. Beberapa daerah bahkan sampai mengalami banjir, tak terkecuali Jakarta.

Saat musim hujan, cuaca cenderung lebih dingin. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi semua orang untuk melakukan aktivitas, apalagi bila aktivitas dilakukan di luar ruangan. Terlebih bahwa cuaca dingin juga memunculkan risiko kesehatan bagi seseorang.

Pada saat cuaca sedang dingin, maka daya tahan tubuh seseorang biasanya cenderung jadi menurun. Pada kondisi itulah, seseorang dihadapkan kemungkinan ancaman berbagai kesehatan. Maka tidak sedikit yang akhirnya jatuh sakit karena disebabkan flu dan kedinginan.

loading...

Namun selain itu masih ada lagi beberapa risiko yang mengancam pada musim hujan. Untuk mengetahuinya, laman Menshealth mengulasnya untuk anda.

1. Otak bisa membeku
Anda tentu pernah mendengar orang meninggal karena hipotermia. Claude Piantadosi MD, pengarang buku The Biology of Human Survival: Life and Death in Extreme Environments, menerangkan bahwa saat tubuh mencapai suhu yang membuat seseorang menggigil, saat itulah kemampuan berpikir dan pengambilan keputusan seseorang akan terganggu. Sementara itu, seberapa orang bisa bertahan dalam cuaca dingin, hal itu disebabkan karena faktor tinggi, berat badan, dan persentase lemak dalam tubuh.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka sebaiknya anda memakai pakaian berlapis bahkan untuk kaki anda. Selain itu, alas kaki dan topi yang tepat juga bermanfaat untuk mengahalau rasa dingin.

2. Lebih rawan cedera
Ketika tubuh terpapar cuaca dingin, pembuluh darah akan menyempit dan fungsinya untuk mengedarkan darah ke otot pun jadi tidak optimal. Artinya, anggota tubuh anda merasa kaku atau tidak akan fleksibel. Sehingga akibatnya, kondisi itu berisiko membuat anda cedera, keseleo dan lain sebagainya, kata Scott Smith, MD, ahli bedah ortopedi untuk Texas Orthopedics di Austin.

Untuk solusi hal tersebut, Dr. Smith menyarankan bahwa bila anda tidak tahan dengan treadmill, maka lakukanlah peregangan agar tubuh jadi berkeringat. Selain itu, anda juga bisa bergerak dinamis seperti jogging lambat sampai berkeringat. Hasilnya, tubuh anda pun akan terasa lebih hangat.

3. Menyebabkan flu dan kedinginan
Seorang dokter penyakit menular di University of Pittsburgh, Amesh Adalja MD, menjelaskan bahwa cuaca yang dingin tidak hanya membuat seseorang terserang flu, namun juga bisa menyebabkan tubuh kedinginan. Di sisi lain, virus flu juga menjadi lebih mudah menular kepada orang lain.

Karena itu, sebagai solusinya, cucilah tangan sesering mungkin untuk menghindari risiko sakit. Hal ini sangat penting dilakukan apalagi bila anda belum mendapatkan vaksinasi flu.

Loading...
3 Gangguan Kesehatan yang Mungkin Terjadi Terkait Musim Dingin | inicarak | 4.5