Loading...

3 Hal Utama yang Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang

Masalah kurangnya perhatian masyarakat terhadap kesehatan gigi adalah penyebab utama banyak yang mengalami gigi berlubang. Data kuantitas penderita gigi berlubang menandakan masih banyaknya masyarakat yang kurang menjaga kebersihan gigi dengan baik. Berikut ini adalah 3 penyebab utama yang bisa menyebabkan gigi berlubang:

1. Cara menyikat gigi yang salah
Menyikat gigi memang mudah, namun jika dengan cara yang benar masih jarang orang yang bisa melakukannya. Waktu sikat gigi terbaik adalah berkisar antara satu sampai dua menit. Usahakan untuk menyikat gigi dengan cara memutar-mutar sambil melihat cermin, agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.
Selain itu, setelah mengonsumsi minuman berenergi, minuman bersoda, atau minuman asam lainnya, jangan langsung menyikat gigi. Hal ini akan membuat zat asam tersebut malah tersebar merata di semua gigi. Sebaiknya berkumur-kumur dulu untuk menghilangkan bakteri yang ada, baru kemudian menyikat gigi.

2. Frekuensi yang jarang
Jarang menggosok gigi menyebabkan gigi lebih rapuh dan mengalami kerusakan permanen. Gosok gigi-lah minimal dua kali sehari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, frekuensi menyikat gigi yang lebih sering akan meminimalisasi pertumbuhan bakteri pada gigi, dan menjaga kebersihan gigi lebih baik. Biasakan untuk menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.

loading...

3. Alat yang digunakan
Salah satu pertimbangan saat memilih sikat gigi adalah bentuk kepala sikat giginya, apakah bisa menjangkau gigi paling belakang sesuai dengan struktur mulut.

Letak gigi gigi geraham yang berada di belakang membuatnya sulit terjangkau oleh sikat gigi sehingga menyebabkannya paling sering bermasalah. Bentuk mulut yang cenderung menyempit di bagian belakang juga mempersulit pembersihannya, apalagi bentuk kepala sikat gigi masih cenderung besar.

Gigi belakang juga banyak memiliki alur dan celah, sehingga sikat gigi sulit untuk membersihkannya. Padahal justru celah dan alur gigi inilah yang membuat banyak sisa makanan menempel atau terselip di situ. Ketika tidak dibersihkan dengan cermat, sisa makanan akan membusuk dan membuat gigi berlubang.(KMPS)

Loading...
3 Hal Utama yang Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang | admin | 4.5