Loading...

3 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Tinggalkan Bila Ingin Hidup Bahagia

Setiap orang tentunya ingin hidup bahagia. Namun sebenarnya tolak ukur sebuah kebahagiaan itu ditentukan oleh cara pandang serta bagaimana ia bisa menerima keadaan dengan hati ikhlas.

Bila seseorang tidak mau menerima keadaan hidupnya dengan ikhlas, maka stres dan tertekanlah yang ia rasakan. Ketika itu yang ia rasakan, maka berapapun harta kekayaan yang ia miliki maka selamanya ia tidak akan merasa bahagia.

Seorang konsultan psikologi asal Amerika Serikat bernama Jenn Hand menyarankan agar segera meninggalkan tiga kebisaan berikut ini agar anda bisa merasa hidup lebih bahagia.

1. Berhenti Menjadi yang Paling Sempurna

Berusaha menjadi yang paling sempurna seringkali ditanamkan pada seseorang dengan tujuan untuk memacu semangatnya. Hal itu memang baik, namun setiap manusia memiliki keterbatasan masing-masing dalam melakukan sesuatu.

Masalahnya, ketika seseorang gagal dan mendapatkan komentar yang kurang baik atas hasil kerjanya, ia akan terus menerus memikirkannya hingga membuat ia amat stres. Nah, saat stres melanda, seseorang cenderung akan terpuruk dan menyalahkan dirinya sendiri. Jika hal seperti itu terus dibiarkan berlarut-larut, maka keadaan itu akan memicu gangguan pada mentalnya.

Jadi mulai sekarang, bila anda ingin bahagia, maka berhentilah mencoba menjadi yang paling sempurna. Berdamailah dengan diri, jangan membebani pikiran dengan tekanan yang membuat anda stres.

2. Berhenti Terus Menyalahkan Diri

Setiap orang tentunya pernah berbuat kesalahan, namun jangan biarkan rasa bersalah itu terus menghantui pikiran anda. Dengan terus menerus menyalahkan diri maka akan memicu timbulnya gangguan mental pada seseorang. Bila anda pernah membuat kesalahan baik disengaja atau tidak, maka cara terbaiknya adalah dengan segera meminta maaf.

Orang yang kuat akan mengakui kesalahannya, segera meminta maaf dan bangkit untuk memperbaiki kesalahan dan belajar dari kesalahan untuk tidak akan lagi mengulangi kesalahan tersebut.

3. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Kebiasaan untuk membandingkan diri anda dengan orang lain juga bisa memicu stres. Memang menyakitkan bila melihat ada orang lain yang lebih berhasil dari kita. Namun bila hal itu kemudian anda jadikan sebagai pemacu semangatnya, maka itu bukanlah suatu masalah.

Yang salah adalah ketika hal tersebut kemudian justru membuat anda semakin terpuruk dan pesimis. Maka dari itu, jangan pernah membandingkan hidup anda dengan orang lain bila anda ingin merasa hidup bahagia.

Pada intinya, untuk bisa hidup bahagian adalah sangat mudah. Yang perlu anda lakukan hanyalah membebaskan dari dari stres dengan cara melepaskan segala beban pikiran dan terima semuanya dengan ikhlas dan lapang dada.

Itulah beberapa cara hidup bahagia sebagaimana yang dikutip dari laman Huffingtonpost, Selasa (19/5/2015).

loading...
Loading...
3 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Tinggalkan Bila Ingin Hidup Bahagia | inicarak | 4.5