Loading...

3 Langkah Tepat, Cara Keramas atau Mencuci Rambut yang Benar

Rambut adalah mahkota bagi wanita, sehingga merawatnya dengan baik dan benar menjadi kewajiban penting.

Keramas adalah aktivitas mencuci rambut dengan tujuan untuk membersihkan kotoran dari rambut dan kulit kepala. Meski mungkin hampir setiap hari kita keramas, namun ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara mencuci rambut dengan benar.

Sangat penting untuk keramas atau mencuci rambut dengan benar. Pasalnya, salah membersihkan rambut bisa menghilangkan kilau alami rambut. Adanya debu, kotoran dan sisa-sisa produk pembersih yang menempel bisa merusak rambut dan membuatnya terlihat kusam.

loading...

Berikut ini adalah 3 langkah, tips dan cara membersihkan rambut yang benar, seperti yang dikutip dari geniusbeauty.com:

1. Sisir rambut sebelum keramas
Para ahli kecantikan rambut merekomendasikan untuk menyisir rambut dengan baik sebelum mencucinya dengan sampo. Proses ini bisa mengangkat debu, kotoran dan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Sehingga saat keramas kotoran-kotoran tersebut lebih mudah untuk dibersihkan.

2. Gunakan sampo dengan benar
Setelah menyisir rambut, langkah selanjutnya adalah keramas. Adapun tahapan-tahapan, langkah atau cara keramas yang benar yaitu:

Sebelum keramas, basahi rambut dari akar hingga ujung, sampai rambut benar-benar basah. Kemudian, tuang sampo ke telapak tangan dan beri sedikit air agar sampo tidak terlalu pekat. Gosok dengan lembut rambut yang telah diberi sampo dari mulai akar hingga ujung rambut sampai berbusa.

Setelah itu segera bilas hingga bersih. Jangan membiarkan busa-busa sampo berada dikulit kepala lebih dari 1 menit. Jika terlalu lama hal ini justru bisa meninggalkan bahan-bahan kimia saampo dikulit kepala.

3. Keringkan secara perlahan
Setelah selesai membilas rambut, lap rambut Anda secara perlahan dan pelan menggunakan handuk kering. Biarkan air pada rambut meresap ke handuk. Jangan menggosok rambut terlalu keras, karena setelah keramas rambut justru sangat sensitif dan mudah patah. Setelah itu sisir rambut dengan sisir bergigi jarang. Sisir rambut dan anginkan hingga setengah kering. Agar cepat kering, bisa menggunakan hair dryer, namun jangan terlalu kencang dan panas. Karena hal tersebut justru bisa merusak rambut.

Semoga informasi tentang 3 langkah mudah dan benar dalam mencuci rambut di atas bisa bermanfaat membantu menjaga kemilau rambut Anda.

Loading...
3 Langkah Tepat, Cara Keramas atau Mencuci Rambut yang Benar | inicarak | 4.5