Loading...

3 Manfaat Daun dan Kulit Buah Pisang

Pohon pisang sudah pasti akan menghasilkan buah pisang. Buah pisang tidak hanya enak dimakan, namun juga kaya akan manfaat.

Tidak hanya bagian buahnya saja yang bermanfaat, namun kulit buah dan daun pisang juga bermanfaat dalam keseharian kita. Setidaknya ada tiga manfaat dari kulit buah dan daun pisang.

1. Pisang cepat lunak
Di banyak negara Asia, daun pisang umum digunakan untuk membungkus daging agar cepat empuk. Namun ternyata tidak hanya itu saja manfaat daun pisang, sebagian orang mengatakan bahwa daun pisang punya kemampuan untuk cepat melunakkan pisang. Kupas pisang lalu lipat di dalam daun pisang dan masukkan ke panci.

loading...

2. Bungkus makanan
Daun pisang biasa digunakan untuk membungkus tempe. Selain itu, daripada membungkus menggunakan plastik atau kertas, membungkus makanan atau gorengan menggunakan daun pisang juga jauh lebih sehat.

3. Mengkilapkan sepatu
Kebanyakan orang menganggap daun pisang hanya sebagai sampah tak berguna. Namun perlu Anda tahu, kulit pisang bisa kita gunakan untuk memoles sepatu agar mengkilap. Caranya, keluarkan benang putih yang ada di kulit pisang kemudian gosokkan pada sepatu Anda. Jika sudah mengkilap, lap dengan handuk kertas atau kain lembut.

4. Tanaman hias
Anda punya hobi mengkoleksi tanaman hias? Apakah daun pada tanaman hias Anda sudah mulai jelek? Anda tidak perlu menyiramnya dengan air secara keseluruhan. Cukup bersihkan bagian bawah daun dengan bagian dalam kulit pisang untuk membuatnya bersinar kembali.

Loading...
3 Manfaat Daun dan Kulit Buah Pisang | inicarak | 4.5