Loading...

3 Manfaat Mengupil untuk Kesehatan

Upil (kotoran hidung)adalah sisa buangan hasil respirasi. Yang namanya kotoran, pastilah harus dibersihkan, dan dalam kasus ini caranya adalah dengan mengupil.

Banyaknya kotoran hidung yang diproduksi bisa menjadi indikator akan kebersihan udara yang kita hirup sehari-hari. Kalau kotorannya menumpuk dengan cepat, maka ini artinyabahwa udara yang kita hirup itu berpolusi atau mengandung banyak kotoran. Apalagi bila kotoran hidung (upil) sampaiwarnanya kehitaman, sudahlah pasti ini menunjukkan kadar polusi udara yang tinggi.

Selain terlihat jorok, banyak yang menganggap kalau kebiasaan mengupil itu tidak baik untuk kesehatan. Memang, kebiasaan mengupil yang terlalu sering dan tidak hati-hati bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

loading...

Salah satu bahaya sering mengupil adalah bisa menyebabkan hidung menjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan.

Namun dilain sisi, mengupil ternyata juga sangat bermanfaat. Di antara manfaat mengupil untuk tubuh kita, misalnya:

1. Menghilangkan rasa bosan
Mengupil paling sering dilakukan ketika kita sedang bengong atau memikirkan sesuatu. Sehingga untuk menghilangkan rasa bosan, mengupil jadi hal yang mengasikkan.

2. Menghilangkan sekresi hidung
Ketika sedang pilek, infeksi sinus dan alergi bisa menyebabkan sekresi hidung atau lendir meningkat. Sekresi ini seiring waktu akan mengering yang membuat seseorang sulit bernapas. Karenanya seseorang akan mengupil untuk membuat napasnya lega dan menghilangkan penumpukan lendir.

3. Menghilangkan gatal karena iritasi
Hidung memiliki kecenderungan menjadi kering dan teriritasi oleh hal-hal seperti alergi, bahan kimia dan polusi udara. Saat hidung mengalami iritasi, maka akan timbul rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk melalui cara mengupil.

Nah, agar mengupil tidak jadi kebiasaan yang membahayakan, maka sebelum melakukannya pastikan untuk selalu memotong kuku dan jangan mengupil terlalu keras agar tidak sampai melukai lapisan di dalam hidung Anda.

Loading...
3 Manfaat Mengupil untuk Kesehatan | inicarak | 4.5