Loading...

3 Manfaat Puasa untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Selain sebagai sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh umat Islam, puasa ternyata juga mempunyai mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah tiga manfaat puasa bagi kesehatan:

1. Menyehatkan Ginjal
Menurut hasil penelitian, asupan cairan selama bulan Ramadan berdampak baik untuk fungsi ginjal. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap pasien berusia 60 tahun ke atas, diketahui bahwa asupan cairan berpengaruh kepada fungsi ginjal dan berdampak positif untuk para usia lanjut yang berpuasa.

loading...

Menurut Konsultan Geriatri, Dr. Eddy Rizal Wahyudi, asupan cairan yang masuk saat bulan Ramadan membuat fungsi ginjal membaik pada hari ke-28 Ramadan dan ke-14 setelah Ramadan

2. Menurunkan Kolesterol dan Radikal Bebas
Para dokter melakukan penelitian terhadap 40 orang usia lanjut dan 40 orang dewasa berusia muda. Hasilnya, orang-orang berusia lanjut mengalami penurunan kadar trigliserida dari 145,8 mg/dl menjadi 130,87 mg/dl. Berpuasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol total pada orang dewasa usia muda yaitu 189 mg/dl menjadi 179,85 mg/dl.

“Berpuasa manfaatnya untuk yang tua dan muda, untuk anak muda dapat menurunkan kadar kolesterol,” jelas Konsultan Geriatri, Dr. Eddy Rizal Wahyudi, SpPD, K-Ger, FINASIM.

3. Sakit Maag Bisa Sembuh dengan Berpuasa
“Sakit mag tetap bisa berpuasa kecuali penderita dispepsia organik (penyakit maag yang terjadi karena ada kerusakan/kelainan bentuk organ pencernaan) yang belum diobati, terutama jika ada tanda alarm,” demikian disampaikan Konsultan Gastroenterologi, DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, di sela-sela Simposium Mini dengan tema ‘Meraih Kesempurnaan Ibadah Puasa dengan Sehat Fisik dan Jasmani’, Selasa (11/6/2013).

Dengan berpuasa, lanjut Dr Ari, sakit maag fungsional akan membaik. Hal ini dibuktikan dengan penelitian puasa dan sakit maag yang dilakukan Syam AF dkk tahun 2002.

Loading...
3 Manfaat Puasa untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5