Loading...

3 Minuman Jus Sehat yang Bisa Bantu Kurangi Tekanan Darah

Jus sayur dan buah sudah sejak dulu diketahui mempunyai dampak baik untuk kesehatan tubuh. Tak harus membelo, karena Anda bisa membuat jus buah yang menyehatkan sendiri di rumah. Tidak hanya menyehatkan, namun juga bisa menangkal penyakit, termasuk mengurangi tekanan darah.

Seperti yang dilansir Naturalnews, berikut tiga jenis jus buah yang paling baik untuk Anda konsumsi karena memberikan dampak kesehatan.

1. Jus tomat
Tomat kaya akan kandungan likopen yang merupakan antioksidan kuat, dan bisa menghilangkan radikal bebas dari tubuh.
Menurut hasil penelitian, makanan yang kaya likopen bisa membantu mengurangi resiko kanker, bahkan stroke. Para peneliti percaya bahwa likopen bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penggumpalan darah, dan mengurangi peradangan sehingga menurunkan resiko terkena penyakit stroke.

loading...

Tomat memang bukan satu-satunya makanan yang mengandung likopen, namun buah tomat adalah sumber terbaik dari kandungnan antioksidan tersebut. Agar proses penyerapan likopen bisa lebih baik, sebaiknya tambahkan beberapa jenis lemak baik seperti minyak zaitun pada jus tomat.

2. Jus buah bit
Jus bit efektif dalam meningkatkan energi dan menurunkan tekanan darah karena konsentrat nitrat yang tinggi, demikian menurut hasil penelitian. Tubuh mengubah nitrat menjadi oksida nitrat, yaitu senyawa yang berfungsi untuk merangsang aliran darah. Tentu saja, hal ini bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Nitrat dalam jus bit juga bisa membantu meningkatkan kinerja olahraga. Menurut hasil penelitian yang dilakukan University of Exeter, diketahui bahwa pria yang minum jus bit memiliki daya tahan lebih baik selama olahraga.
Cara terbaik mengonsumsi buah bit adalah membuatnya dalam bentuk jus. Mengonsumsi buah bit yang sudah terfermentasi akan mengurangi beberapa nutrisi yang dikandungnya. Minum satu atau dua gelas jus bit setiap hari bisa memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kesehatan Anda.

3. Jus delima
Jus buah delima mengandung banyak antioksidan yang bisa mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung meskipun efeknya hanya untuk jangka pendek. Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh The National Cancer Institute juga menemukan bahwa jus delima bisa membantu memperlambat penyebaran kanker prostat.

Bahkan, para peneliti di Queen Margaret University, Edinburgh juga telah menemukan bahwa minum jus delima bisa meningkatkan testosteron, yaitu hormon yang meningkatkan gairah seks pada pria dan wanita. Selain itu, testosteron juga bermanfaat dalam mengurangi stres dan meningkatkan mood pada umumnya.

Loading...
3 Minuman Jus Sehat yang Bisa Bantu Kurangi Tekanan Darah | inicarak | 4.5