Loading...

3 Obat Sakit Liver dari Bahan yang Alami

Liver atau hati memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsi dari liver sangatlah vital bagi kelangsungan hidup yang berkualitas pada seseorang. Meski demikian, masih banyak orang yang belum menyadari akan pentingnya fungsi liver.

Menghancurkan sel darah merah yang sudah tua, membersihkan darah dari senyawa berbahaya, mengubah amonia menjadi urea yang dikeluarkan bersama urine oleh ginjal, dan memproduksi cairan empedu yang bertugas membantu pencernaan makanan merupakan beberapa fungsi dari liver. Contoh lain dari fungsi liver adalah memproduksi albumin yang berguna menjaga cairan dalam sistem sirkulasi tubuh. Menyimpan energi untuk tubuh dalam bentuk glikogen dan mengubahnya menjadi glukosa saat kadar glukosa darah rendah juga merupakan fungsi dari liver.

Tanda dan Gejala Adanya Gangguan Pada Fungsi Organ Hati

Kebanyakan orang baru menyadari betapa pentingnya fungsi organ ini ketika sakit liver sudah menyerang tubuh. Beberapa tanda adanya gangguan pada fungsi liver misalnya bisa dilihat dari adanya perubahan kulit dan mata yang menjadi kekuningan (jaundice). Selain itu, ada juga beberapa gejala sakit liver yang menyerang. Diantaranya:

  • Mual atau muntah
  • Hilangnya nafsu makan
  • Kulit gatal
  • Warna urin gelap
  • Warna tinja pucat, atau disertai dengan darah
  • Kelelahan kronis
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Kecenderungan untuk mudah memar.

Obat Herbal untuk Sakit Liver (Hati)

Ramuan herbal sudah sejak dulu dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang ada dalam tubuh. Meskipun bukti klinis masih diperlukan untuk memperoleh dosis dan kombinasi yang tepat, namun manfaat herbal masih dipercaya dan biasa digunakan masyarakat hingga saat ini.

Termasuk salah satu manfaat dari tanaman herbal adalah untuk mengobati penyakit liver. Beberapa herbal yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit liver diantaranya adalah seperti berikut ini:

1. Temulawak

Rimpang temulawak memiliki kandungan zat curcumin bisa membantu dalam melindungi organ hati ini dari peradangan. Khasiat dari zat aktif curcumin yang ada dalam temulawak berguna sebagai anti inflamasi dan anti hepatotoksik untuk menjaga kesehatan organ hati dari radang. Manfaat lain dari mengonsumsi ekstrak temulawak diantaranya adalah bisa membantu untuk mengatasi gangguan lambung, asam urat, menambah nafsu makan dan membersihkan perut.

2. Sambiloto

Daun sambiloto memiliki cita rasa pahit yang sangat kuat. Rasa pahit pada daun sambiloto dikarenakan adanya zat andrographolid. Dibalik rasanya yang pahit tersebut, manfaat dari tanaman sambiloto ini cukup ampuh merusak inti sel tumor, meningkatkan daya tahan tubuh dan infeksi, serta merangsang fagositosis yaitu kemampuan sel dalam bekerja membunuh benda asing seperti bakteri dan virus dalam tubuh.

3. Pegagan

Daun pegagan memiliki efek hepatoprotektor yang bagus untuk penderita hepatitis. Hepatoprotektor (pelindung hati) adalah istilah yang diberikan pada produk yang dipasarkan untuk melindungi hati dan/atau memulihkan hati yang telah dirusak oleh racun, obat atau penyakit. Manfaat dari daun pegagan adalah bisa meningkatkan perbaikan dan penguatan sel hati dan menangkap radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Hal ini karena adanya kandungan asiatikoside di dalam pegagan sebagai zat aktifnya.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

micin terbuat dari apa, cara mEnghilANgkan mrutu dirumah, tikus di behel, video bokep indo yg lama2016
3 Obat Sakit Liver dari Bahan yang Alami | admin | 4.5