Loading...

3 Tahapan dalam Menyapih Anak

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Namun demikian bukan berarti kita harus memberikan ASI terus pada anak hingga ia tumbuh besar.

Ada banyak alasan kenapa ibu harus menghentikan untuk memberikan ASI semisal karena usia sudah lewat 2 tahun atau mungkin karena alasan pekerjaan yang mengharuskannya meninggalkan bayi.

Menyapih adalah saat dimana orangtua secara bertahap mulai mengenalkan makanan padat sebagai bagian dari ragam makanan bayi selain ASI atau susu formula.

loading...

Seperti dikutip dari Babycentre, ada beberapa tahapan yang bisa membantu memudahkan Anda menyapih anak.

Tahap satu
Biarkan bayi menyusu secara penuh, kemudian tawarkan makanan pendamping ASI dengan porsi kecil. Pada tahap ini, biarkan si anak mencoba rasa dan tekstur baru dari makanan, tapi ia masih mendapatkan sebagian besar nutrisinya dari makanan.

Tahap dua
Setelah anak makan dengan baik, Anda bisa mencoba menyapihnya perlahan-lahan. Mulailah dengan menawarkan makanan dulu sebelum ASI atau mengubah jadwal pemberian ASI.

Proses penyapihan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan secara sengaja tidak memberikan ASI pada jam-jam yang tidak terlalu disukai bayi seperti saat bayi asik bermain. Lalu semakin dikurangi dengan hanya sekali atau dua kali saja menyusui, lama-kelamaan waktu menyusuinya semakin berkurang hingga nantinya bayi mulai terbiasa dengan tidak mengonsumsi ASI.

Tahap tiga
Cobalah untuk menawarkan susu pengganti lain selain ASI saat bayi sudah benar-benar bisa lepas dari ASI.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bersiap untuk menghadapi tingkah negatif si kecil seperti marah atau sedih, misalnya dengan mencoba memberinya perhatian lebih dan pengertian secara mudah. Sehingga nantinya anak menjadi mengerti bahwa dirinya harus lepas dari ASI dan mulai mencoba makanan lain.

Dalam proses penyapihan si bayilah yang mencoba untuk melepaskan diri dari ibunya, karena itu waktu penyapihan setiap anak berbeda-beda. Hal ini bisa dilihat dari berkurangnya minat anak untuk mengisap atau menyusui. Usahakan untuk tidak menyapih anak sebelum waktunya.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat jika anak berhasil disapih tepat waktu, semisal lebih mandiri, lebih tertarik pada orang daripada benda-benda, mudah disiplin, jarang marah serta percaya pada orang lain.

Loading...
3 Tahapan dalam Menyapih Anak | inicarak | 4.5