Loading...

3 Tips Ampuh Cara Menagih Hutang ke Teman

Ketika ada teman yang meminjam uang, mau menolak pun rasanya sungkan. Padahal, kita tahu kalau meminjamkan uang padanya sangat susah untuk uang itu kembali.

Memang, ada rasa bimbang yang biasanya melanda ketika kita akan menagih utang kepada teman.

Namun, melunasi utang adalah kewajiban bagi peminjam yang harusnya tanpa perlu ditagih atau diminta.

loading...

Ada trik cerdas bagaimana cara menagih untuk utang kepada teman dari .

1. Singgung keberadaan utang itu secara halus
Bila berkali-kali Anda tanyakan langsung secara baik-baik, dia juga tidak membayar, coba sindir dia di depan teman-temannya. Ini akan menjadi sentakan halus untuknya. Biasanya sih orang tak mau hal-hal memalukan diungkap di depan teman-temannya, apalagi teman sekerja. Reputasinya bisa tercemar. Karena itu, ia akan berbuat apa saja untuk menjaga reputasinya, termasuk segera mengembalikan pinjaman.

atau misalnya:

  • Saat sedang jalan bersama, cobalah ambil sesuatu barang yang kamu ingin beli. Kemudian ketika berada didekatnya Anda pura-pura tidak punya uang, misalnya sambil bilang “aduh, bagus banget nih barang, sayang duitnya masih kurang” dengan muka berekspresi sedih.
  • Ketika waktu tanggal muda (asumsikah kalau dia baru terima gajian) sindir secara halus, “ada yang baru gajina nih”.
  • Ketika sedang belanja bersama dan membayar di kasir. Berpura puralah uang tunai yang kamu bawa kurang. “Aduh gak cukup nih uang cash aku, pakai uang kamu dulu ya..”

2. Minta bantuan teman atau keluarga
Bila Anda sudah berkali-kali melakukan langkah pertama namun tidak ada hasilnya, tak ada salahnya bila mencoba meminta bantuan teman atau keluarganya. Anda bisa menceritakan perihal masalah uang yang dipinjam oleh teman Anda, ceritakan juga bahwa Anda sudah coba meminta agar uang tersebut dikembalikan namun sia-sia karena ia (peminjam) tetap tidak mau mengembalikan uang tersebut. Padahal saat ini Anda sedang membutuhkan uang tersebut.

Nah, cobalah minta bantuan pada mereka untuk membantu menagihkan utang tersebut. Barangkali dengan Anda menceritakan perihal masalah tersebut pada teman atau keluarganya, ada dari mereka yang mau membantu menagihkan uang yang dipinjam tersebut. Biasanya, orang akan malu kalau ada teman atau keluarganya tahu kalau ia ternyata punya hutang yang belum dibayarkan.

3. Buat hitam di atas putih
Cara ini memang kurang populer dan terkesan kita tidak percaya pada teman. Tapi apa mau dikata? Daripada uang Anda tidak dikembalikan.

Saat Anda akan meminjamkan uang pada teman, misalnya 10 juta, buatlah surat perjanjian tertulis tentang nominal uang yang dipinjam.

Dalam surat perjanjian hutang tersebut bisa Anda dituliskan tanggal peminjaman dan jatuh tempo, sekaligus identitas teman peminjam serta tanda tangan saksi bila ada. Bila perlu, bubuhkan juga materai layaknya surat peminjaman uang yang resmi.

Meskipun cara ini tidak populer, namun ini adalah yang paling ideal dan komunikasi akan berjalan mulus hingga menunggu tibanya jatuh tempo pelunasan.

Loading...

Hasil pencarian:

kata kata menagih hutang yang sopan, cara menagih hutang, cara menagih hutang yang sopan, cara menagih hutang ke orang yang susah bayar, sindiran halus menagih hutang, cara menagih hutang yang susah bayar, cara menagih utang dengan sopan, cara menagih hutang kepada teman dekat, cara nagih utang, nagih utang, cara menagih orang yang susah bayar hutang, cara menagih hutang sama ora, kata nagih
3 Tips Ampuh Cara Menagih Hutang ke Teman | inicarak | 4.5