Loading...

3 Tips Cara Membuat Gorengan yang Renyah Tanpa Menggunakan Plastik

Gorengan menjadi salah satu makanan favorit di masyarakat. Ada banyak sekali jenis makanan yang digoreng, mulai dari bakwan, tahu, singkong hingga tempe yang sangat nikmat dinikmati bila digoreng.

Kerenyahan gorengan menjadi nilai tambah dari makanan. Entah apa alasannya, namun nyatanya kebanyakan orang akan lebih memiliki gorengan yang garing dan renyah. Sayang, lebih seringnya makanan yang digoreng tidak mampu bertahan lama biasanya sudah lembek.

Untuk membuat gorengan yang renyah, sebenarnya kunci utamanya adalah pada proses penepungan itu sendiri. Berikut adalah tips membuat gorengan renyah tanpa plastik ala Chef Arnold Poernomo, seperti dikutip dari inilah.com:

1. Cukup dua kali penepungan
Proses pelumuran dengan tepung cukup dilakukan dua kali. Sebab bila terlalu banyak, maka tepung menjadi tebal, dan itu akan berpengaruh pada tingkat kematangan bahan makanan.

Alasan lain kenapa tidak boleh berlebih memberikan tepung, yaitu karena tepung nantinya akan banyak menyimpan minyak. Jika ini terlalu tebal maka akan membuat gorengan mudah lembek tidak se-crispy ketika baru matang.

2. Harus cepat digoreng
Usahakan setelah bahan makanan dibalur tepung agar tidak terlalu lama menunggu proses penggorengan. Karena di dalam tepung terdapat kadar asam yang tinggi. Kalau didiamkan lama, rasa gorengan akan berubah. Tepung pun akan menggumpal ketika digoreng, proses inilah yang bikin makanan sulit matang.

3. Tambahkan telur
Selain tepung, penggunaan telur juga membantu membuat makanan bertepung jadi renyah. Namun lagi-lagi prosesnya jangan terlalu banyak karena akan menghambat minyak panas masuk ke makanan sehingga proses matang jadi lebih lama.

Kalau terlalu tebal, maka lapisan telur akan menutup kadar panas yang masuk ke dalam bahan makanan. Proses penyerapan panasnya jadi lebih lambat, makanya, mengapa sering menggoreng makanan berbalut tepung jadi bantet.

Selain itu untuk menjaga goreng bisa bertahan lama kerenyahannya bisa juga dilakukan dengan menambahkan sedikit kapur sirih atau baking soda ke dalam adonan. Dengan bahan ini gorengan akan tetap renyah meskipun sudah dingin.

Selain itu pada adonan tepung juga bisa ditambahkan tepung sagu/kanji dengan perbandingan 1 sendok teh tepung sagu/kanji untuk 3-5 sendok makan tepung terigu. Atau bisa juga dengan menambahkan sedikit air kunyit.

Agar gorengan tidak bergelimang minyak, maka setelah digoreng letakkan gorengan di atas tissue dan jangan ditumpuk dengan gorengan lain. Ini ditujukan untuk menyerap minyak agar gorengan tidak lengket dan lembek.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

cara membuat gorengan renyah dan tahan lama, resep bakwan sayur renyah tahan lama, cara membuat gorengan renyah, campuran tepung agar gorengan renyah, resep gorengan renyah, resep bakwan renyah dan tidak lembek, resep gorengan krispi tahan lama, agar gorengan tetap renyah dan garing, tips agar gorengan tetap renyah, rahasia gorengan renyah, gorengan renyah tahan lama, resep gorengan renyah tahan lama, agar gorengan awet renyah, resep bakwan renyah tahan lama, gorengan renyah
3 Tips Cara Membuat Gorengan yang Renyah Tanpa Menggunakan Plastik | inicarak | 4.5