Loading...

3 Tips Cara Mencari Pembantu

Karena berbagai alasan, mau tak mau kita harus menggunakan jasa pembantu atau pekerja rumah tangga. Sayangnya, beragam kisah pembantu rumah tangga yang justru merepotkan si pemilik rumah kerap terdengar di sekitar kita. Tak ayal, hal ini tentu membuat kita semakin khawatir ketika akan mencari pembantu.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut ini adalah tips bagaimana cara mencari pembantu.

1. Penanggung jawab
Pastikan kita mengetahui siapa penanggung jawab pembantu tersebut, tak perduli apakah pembantu tersebut berasal dari yayasan atau teman yang mencarikan. Hal ini sangat perlu untuk diketahui agar ketika nanti terjadi sesuatu, kita tahu kemana harus bertanya. Usahakan agar si penanggung jawab adalah keluarga atau teman sekampung pembantu itu.

loading...

2. Wawancara
Sebelum memutuskan untuk menerima pembantu, pastikan untuk mewawancarai calon pembantu kita, terutama tentang identitasnya. Hal ini sangat penting dilakukan agar kita tahu rekam jejaknya. Juga, apakah dia pernah punya pengalaman kerja atau tidak. Jika ternyata dia baru pertama kali bekerja, maka ada kemungkinan dia tidak betahan. Sebaiknya pilihlah pembantu yang berpengalaman, agar kita juga tidak mengajari banyak hal padanya.

3. Perhatikan beban kerja
Sama seperti kita, pembantu juga manusia. Memberikan beban kerja terlalu berat akan membuatnya tidak betah dan kerjanya juga tidak bisa maksimal. Idealnya, satu orang pembantu maksimal hanya untuk empat anggota keluarga dan rumah sederhana. Selain itu, tidak bisa diterapkan jam kerja 24 jam. Perlu diberi waktu tertentu setiap harinya untuk bebas dari kerja.

Loading...
3 Tips Cara Mencari Pembantu | inicarak | 4.5