Loading...

4 Bahan dari dapur sebagai obat pertolongan pertama pada kecelakaan

Memiliki kotak peralatan P3K di rumah sangatlah penting. Peralatan P3K ini akan sangat membantu ketika ada salah satu dari anggota keluarga yang mengalami kecelakaan ringan seperti tangan teriris, tidak sengaja menyentuh setrika atau panci air yang masih panas hingga mengakibatkan luka bakar.

Namun terkadang, tanpa disengaja, bisa jadi ketika kita sedang membutuhkan peralatan atau obat tertentu ternyata di kotak P3K sudah tidak ada karena habis. Tapi tenang, beberapa jenis bumbu di dapur ternyata bisa kita manfaat sebagai salah satu pengganti obat untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan. Nah, apa saja itu?

Laman Foxnews memberikan ulasan mengenai referensi tentang bahan-bahan yang bisa kita gunakan sebagai pengganti obat dalam kotak P3K. Berikut ulasan lengkapnya:

loading...

1. Teh hijau
Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu anda memiliki umur yang panjang, teh hikau juga bisa digunakan untuk meredakan mata bengkak. Ini karena kandungan kafein dalam teh hijau. Kafein yang ada dalam teh hijau bisa membantu mengurangi pembengkakan pembuluh darah hingga menyusutkannya.

2. Bawang
Untuk mengobati luka bakar, anda bisa menggunakan bawang. Caranya adalah, potong bawang, kemudian oleskan pada luka nakar sesaat setelah kejadian terjadi. Langkah ini bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat terbakar. Selain untuk mengobati luka bakar, bawang juga bisa bermanfaat untuk mengobati luka bekas disengat lebah.

3. Garam
Garam adalah anti-inflamasi yang sangat baik. Garam bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan meringankan rasa sakit dengan cara berkumur dengan air garam.

4. Madu
Selain mempermanis hidangan, madu juga bisa membantu ‘mengobati’ orang yang sedang mabuk. Manfaat ini bisa didapatkan karena madu membantu metabolisme tubuh lebih cepat di mana dikemas dengan kalium. Hasilnya, orang yang mabuk bisa segera sadar setelah minum alkohol dengan cara mengonsumsi madu.

Loading...
4 Bahan dari dapur sebagai obat pertolongan pertama pada kecelakaan | inicarak | 4.5