Loading...

4 Bahan Herbal untuk Menyembuhkan Kram dan Nyeri Saat Menstruasi

Saat sedang menstruasi, berbagai keluhan mungkin akan dirasakan oleh wanita. Salah satunya yang mungkin sering dikeluhkan adalah kram dan juga rasa nyeri di sekitaran perut.

Tidak jarang rasa nyeri dan kram tersebut akan dirasakan selama beberapa hari, sehingga dirasakan sangat mengganggu. Karena itu penting untuk segera mengatasi kram dan rasa nyeri di perut saat menstruasi agar tidak semakin mengganggu aktivitas.

Kabar baiknya, ada beberapa bahan alami yang biasanya bisa dengan mudah ditemukan bisa digunakan untuk membantu dalam meredakan kram dan juga nyeri saat menstruasi.

loading...

Menyembuhkan Kram dan Nyeri Saat Menstruasi

Berikut ini adalah beberapa cara meredakan nyeri dan kram saat menstruasi. Diantaranya:

1. Kompres hangat
Cara yang paling mudah dan efektif untuk meredakan kram saat menstruasi adalah dengan mengompres perut bagian bawah dengan kompres hangat atau bisa juga dengan cara berendam dalam air hangat selama setengah jam. Cara ini akan membantu melemaskan otot-otot di area uterus yang terus-menerus berkontraksi dan juga membantu darah haid mengalir lebih lancar.

2. Jahe
Jahe adalah rempah yang efektif untuk meredakan kram haid. Untuk itu anda bisa memarut sepotong kecil jahe dan mencampurnya dengan madu untuk dikonsumsi langsung atau dibuat teh jahe dan meminumnya 3 kali sehari.

Namun untuk anda yang memiliki masalah dengan kekentalan darah, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi jahe. Sebaiknya sebelum mengonsumsinya, anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk meminta saran.

3. Basil
Masukkan 1 sendok daun basil kering ke dalam satu cangkir air mendidih dan tutup rapat selama 10 menit untuk kemudian diminum. Daun basil bisa menghilangkan rasa sakit karena mengandung zat asam (caffeic acid) sehingga efektif mengatasi kram menstruasi.

4. Teh Camomile
Memiliki sifat anti-inflamasi dan antispasmodic, teh camomile bisa membantu melemaskan otot-otot kandungan. Untuk itu anda bisa menyeduh satu sendok teh camomile dalam secangkir air mendidih dan menambahkannya dengan madu agar terasa manis untuk meredakan kram dan juga rasa nyeri di perut saat menstruasi.

Itulah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membantu dalam menyembuhkan kram dan juga nyeri di perut saat menstruasi. Namun bila ternyata kram dan nyeri yang terasa begitu sangat mengganggu, maka ada baiknya bila anda segera menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut mengenai permasalahan yang tengah anda rasakan.

Loading...

Hasil pencarian:

selalu flu saat menstruasi, flu saat mens
4 Bahan Herbal untuk Menyembuhkan Kram dan Nyeri Saat Menstruasi | admin | 4.5