Loading...

4 Bahaya Akibat Keseringan Makan Hati Ayam

Hati, ampela dan usus ayam adalah makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mungkin anda adalah salah satu penggemarnya.

Salah satu organ yang berfungsi untuk menyaring racun di dalam tubuh, yaitu hati biasa diolah menjadi penganan yang cukup banyak digemari. Olahan makanan ini cukup mudah ditemukan di hampir setiap rumah makan.

Rasanya yang enak dengan citarasa yang lembut menjadikannya banyak disukai. Apalagi didalam hati ayam juga terkandung banyak vitamin seperti A, D, E, K, dan juga B12 yang memang dibutuhkan tubuh. Jadi tidak mengherankan bila orang tua biasanya banyak memberikan hati ayam sebagai lauk makanan untuk anaknya yang masih kecil. Namun, tahukah anda bahwa bila mengonsumsinya secara berlebihan hati ayam justru akan berbahaya bagi tubuh?

loading...

Bagian organ dalam termasuk hati ayam ini dikenal tinggi akan kandungan kolesterol. Juga mengonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering akan membahayakan tubuh manusia. Apa saja?

1. Memicu sakit jantung
Kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi di dalam hati ayam bila dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang akan mengakibatkan tekanan darah meningkat. Kandungan tersebut juga bisa menyumbat pembuluh darah yang menuju jantung. Dan bila hal ini terus dibiarkan begitu saja, maka kondisi ini akan memicu berbagai penyakit jantung.

2. Obesitas
Hati ayam tidak baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet ketat. Ini karena kandungan lemak yang tinggi pada hati ayam dapat memicu obesitas.

3. Rematik dan asam urat
Konsumsi berlebihan hati ayam juga bisa memicu rematik serta asam urat. Hal ini dikarenakan oleh penumpukan zat purin pada persendian. Zat inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi setelah mengonsumsi hati ayam. Jadi bila anda sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit sendi, maka sebaiknya batasi mengonsumsi makanan ini.

4. Gangguan pertumbuhan pada bayi
Nutrisi yang terkandung pada hati ayam dianggap mampu memaksimalkan tumbuh kembang si kecil. Karenanya hati ayam biasa dijadikan campuran pada makanan bayi. Namun demikian bukan berarti anda boleh memberikan makanan ini setiap hari. Karena bila terlalu sering mengonsumsi hati ayam dapat mengganggu pertumbuhan sel otak dan membuat bayi sering rewel.

Loading...
4 Bahaya Akibat Keseringan Makan Hati Ayam | admin | 4.5