Loading...

Inilah 4 Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur yang Harus Diwaspadai!

Godaan untuk tidur setelah makan sahur memang sulit untuk dihindari. Habis makan, perut kenyang lalu tidur lagi menjadi kegiatan yang mengasikkan. Apalagi ditambah dengan semalam habis begadang karena harus tadarus di masjid hingga larut.

Kembali tidur setelah selesai makan sahur ini sudah menjadi kebiasaan rutin yang banyak dilakukan, anda mungkin salah satunya yang juga biasa mengikuti kebiasaan ini. Namun hati-hat, tidur setelah makan sahur tidak baik untuk kesehatan.

Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur

Tidur setelah makan sahur sangat tidak dianjurkan dan bahkan masuk dalam kategori dilarang karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Salah satu efek buruk langsung tidur setelah makan sahur adalah bisa membuat perut buncit.

loading...

1. Perut buncit
Perut akan jadi buncit karena saat tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut kita, demikian menurut Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin seperti yang dikutip dari Tribunnews.com.

2. Terjadi refluks
Bahaya tidur setelah makan sahur lainnya adalah terjadinya refluks, karena makanan belum dicerna maka bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi akibat kita tidur.

Jika terjadi refluks maka asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit.

3. Mencret dan sembelit
Normalnya isi lambung akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi baring, maka proses pengosongan lambung akan menjadi terhambat. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan pencernaan seperti sembelit atau mencret tergantung dari bahan makanan yang kita makan.

4. Stroke
Langsung tidur setelah makan sahur juga meningkatkan resiko terkena stroke. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

Kapan waktu tidur yang dianjurkan setelah makan sahur?

Sebenarnya tidak dianjurkan untuk kembali tidur setelah makan sahur. Bagaimanapun juga, tidur setelah sahur sembari menunggu waktu shalat shubuh bukan tidak mungkin akan menjadikan anda justru melewatkan shalat subuh.

Karena itu sebaiknya lakukan beberapa kegiatan baik setelah sahur, misalnya dengan mandi, i’tikaf, atau membaca al-qur’an. Jalan-jalan pagi juga baik dilakukan karena akan meningkatkan kesehatan tubuh.

Loading...

Hasil pencarian:

cara mengatasi kencing terus menerus setelah melahirkan
Inilah 4 Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur yang Harus Diwaspadai! | inicarak | 4.5