Loading...

4 Cara Alami Menyembuhkan Biduran yang Mudah Dilakukan

Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang cukup sensitif, terlebih pada perubahan cuaca. Salah satu reaksi yang muncul ketika datangnya perubahan cuaca adalah biduran.

Dalam bahasa medis, biduran juga dikenal dengan istilah urikaria. Ketika terkena penyakit ini biasanya akan muncul tanda pada kulit yaitu berupa ruam yang disertai dengan rasa gatal dan panas pada kulit. Bahkan terkadang pada kondisi yang cukup parah juga muncul rasa perih pada kulit yang mengalami ruam ini.

Faktor Penyebab Biduran

Adapun faktor yang menyebabkan masalah kulit ini adalah cukup banyak. Mulai dari efek perubahan cuaca, alergi debu, olahraga yang berlebihan dan bisa juga karena makanan. Sementara itu, jenis makanan yang paling sering memicu biduran adalah jenis makanan yang tinggi protein, seperti ikan, telur, dan keju.

loading...

Selain karena penyebab diatas, biduran juga bisa muncul akibat pengaruh stres. Tekanan pada pikiran bisa menyebabkan perubahan pada hormon yang membuat tubuh bereaksi dengan memunculkan ruam di kulit. Kondisi ini akan semakin parah bila kita juga mengonsumsi makanan yang tinggi protein.

Obat untuk Menyembuhkan Biduran

Cara terbaik untuk mengatasi biduran adalah dengan minum obat. Namun tunggu dulu, jangan terburu-buru segera mengonsumsi obat. Karena masalah biduran ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Berikut beberapa caranya yang mungkin bisa dicoba:

1. Minum Rebusan Air Daun Sirih

Daun sirih dikenal khasiatnya dalam hal pembersihan bagian organ tubuh. Pemanfaatannya pun sudah cukup biasa. Mulai dari untuk membersihkan mata hingga organ kewanitaan. Baca juga: daun sirih untuk atasi masalah kewanitaan

Daun sirih juga merupakan bahan alami yang ampuh membersihkan organ dalam tubuh. Caranya adalah dengan merebus 20 lembar daun sirih segar dengan empat gelas air. Saring dan minum air rebusan tersebut setengah gelas. Kemudian, usapkan air rebusan itu ke kulit yang terserang biduran.

2. Menaburkan Bedak Pada Area Kulit

Bila daun sirih sulit ditemukan, maka taburkan bedak pada kulit yang terserang biduran. Pilihlah jenis bedak khusus untuk mengatasi gatal. Atau alternatifnya bisa juga dengan memakai bedak bayi. Formula pada bedak ini mampu menghilangkan rasa panas pada kulit yang terkena biduran. Baca: cara memakai bedak agar tahan lama

3. Memakai Losion

Tidak hanya bedak, pemakaian losion yang mengandung lidah buaya dan mentol juga bisa dilakukan. Formula kedua bahan ini mampu menghilangkan rasa gata, panas, dan perih pada kulit yang terkena biduran. Namun sebelum memakainya pastikan tubuh sudah dalam kondisi yang bersih. Bila perlu, mandilah terlebih dahulu sebelum memakai losion ataupun bedak untuk mengatasi biduran.

4. Istirahat

Istirahat penting bagi tubuh. Selain dengan menghindari apa saja yang jadi pemicu biduran, mengistirahatkan tubuh juga penting agar biduran bisa cepat sembuh dengan segera.

Nah, bila ternyata semua cara seperti diatas sudah dicoba namun juga penyakit ini tidak kunjung sembuh, segeralah untuk meminta bantuan dari dokter atau tim medis agar segera mendapatkan obat yang cocok untuk mengatasi biduran.

Loading...
4 Cara Alami Menyembuhkan Biduran yang Mudah Dilakukan | admin | 4.5