Loading...

4 Cara Keramas yang Salah, Namun Sering Dilakukan

Menjaga kebersihan rambut sangatlah penting. Salah satunya adalah dengan mencuci rambut atau keramas. Sayangnya, tidak semua orang memahami akan bagaimana cara keramas yang benar. Padahal salah dalam proses mencuci rambut ini justru bisa membuat rambut jadi berminyak, kusam dan justru semakin kering.

Berikut ini adalah empat kesalahan yang sering dilakukan saat keramas:

1. Kurang cukup membasahi rambut
Saat Anda kurang cukup membasahi rambut ketika menggunakan sampo, maka kotoran yang ada di rambut dan kulit kepala akan lebih sulit dihilangkan. Ibarat panci yang kotor, Anda akan lebih mudah membersihkannya ketika panci tersebut sudah direndam dengan air.

loading...

Jadi, basahilah terlebih dahulu seluruh bagian rambut Anda dengan air, baru kemudian tuangkan sampo.

2. Menyampo rambut sampai ke ujungnya
Saat menggunakan sampo, fokuslah untuk mencuci area kulit kepala di mana minyak diproduksi. Tak perlu sampai ujung rambut. Menyampo hingga ujung rambut hanya akan menyerap lebih banyak kelembabannya.

Sementara untuk cara menggunakan kondisioner, gunakan hanya pada batang dan ujung rambut yang cenderung kering. Tidak perlu menggunakan kondisioner pada bagian akar rambut, karena ini hanya akan membuatnya lebih berminyak. Selain itu juga akan mengotori kulit kepala Anda lagi.

3. Terlalu sering, atau terlalu sedikit keramas
Tidak semua orang membutuhkan frekuensi keramas yang sama. Ada hanya butuh keramas cukup dua hari sekali, ada yang butuh keramas setiap hari. Untuk itu, sebaiknya kenali dulu jenis rambut Anda. Anda bisa bereksperimen dengan frekuensi keramas, selanjutnya lihat hasilnya.

Rambut yang lurus biasanya lebih cepat berminyak, sehingga Anda harus lebih sering dikeramas. Sementara untuk rambut yang ikan cenderung lebih kering, sehingga bisa lebih jarang dikeramas. Jika Anda termasuk golongan yang lebih aktif, dan biasa berolahraga secara rutin, sebaiknya pilih sampo dengan bahan yang cukup lembut agar bisa keramas setiap hari.

4. Membiarkan residu tertinggal pada rambut
Sisa-sisa bahan penataan rambut dari penggunaan hairspray atau foam rambut jika tidak segera dicuci akan menumpuk dan memberatkan rambut Anda. Untuk itu, carilah sampo yang memiliki bahan aktif untuk membersihkan rambut yang sering ditata, tetapi jangan sampai menghilangkan kelembaban alaminya (yang diperoleh dari kandungan minyak pada rambut). Rambut yang sudah terkuras kelembabannya akan mengimbanginya secara berlebihan dengan memproduksi minyak lebih banyak.

Nah, semoga informasi tentang cara keramas yang salah di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Loading...

Hasil pencarian:

Butuh kajung, akibat sering membasahi rambut
4 Cara Keramas yang Salah, Namun Sering Dilakukan | inicarak | 4.5