Loading...

4 Cara Mencegah, Agar Bayi Tidak Gumoh

Meski gumoh atau muntah merupakan hal yang umum terjadi pada bayi, namun tetap saja hal ini membuat ibu muda jadi merasa khawatir dengan keadaan bayinya. Berikut ini adalah empat tips cara mencegah bayi gumoh:

1. Posisikan bayi tegak saat memberi makan
Untuk mencegah gumoh atau muntah, Anda bisa memberi makan bayi dalam posisi tegak. Setelah itu, kondisikan bayi dalam posisi duduk selama kurang lebih 15-30 menit. Saat memberi makan, jangan bermain aktif dengan bayi Anda. Juga jangan mengayun-ayun bayi ketika masih ada makanan di dalam mulutnya.

2. Sedikit tapi sering
Jika Anda menyusui, sebaiknya batasi setiap sesi dalam menyusui. Terlalu lama menyusui atau memberinya dalam jumlah yang banyak dapat memicu bayi muntah.

loading...

Jika Anda memberikan susu melalui botol, tawarkan dalam jumlah yang sedikit dari pada biasanya.

3. Atasi sendawa pada bayi
Sering bersendawa selama dan setelah menyusui bisa membangun atau membentuk udara di dalam perut bayi. Untuk mengatasinya, posisikan bayi Anda dalam keadaan duduk dengan menopangnya pada salah satu tangan, sementara tangan yang lain menepuk punggung bayi secara pelan.

4. Periksa nipple (dot) pada botol susu
Jika Anda menggunakan botol, pastikan lubang pada nipple (dot) botol sudah dalam ukuran yang tepat. Jika terlalu besar, susu akan mengalir terlalu cepat. Sementara jika lubang dot terlalu kecil, bayi Anda mungkin akan frustrasi.

Tepat tidaknya ukuran lubang pada botol susu bayi, bisa terlihat dari tetesan susu ketika botol dibalikan. Jika tetesan susu sedikit, maka ukurannya sudah benar.

Loading...
4 Cara Mencegah, Agar Bayi Tidak Gumoh | inicarak | 4.5