Loading...

4 Cara Mengontrol Rasa Ingin Marah

Salah satu ekspresi emosi yang sulit untuk dikontrol adalah marah. Bahkan rasa marah bisa menetap di hati hingga berbulan-bulan hingga pada akhirnya akan meledak suatu ketika nanti.

Sebelum situasi semakin parah, Anda perlu mengontrol rasa ingin marah. Dan berikut ini adalah tips bagaimana cara mengontrol rasa marah.

1. Jauhi situasi yang membuat Anda marah
Bila Anda berada di rumah, masuklah ke kamar atau berjalan-jalan sendirian di halaman. Nah, Anda akan sulit menjauhi sumber emosi bila tak berada di rumah. Tapi lakukanlah sebaik mungkin untuk menjauhi sumber masalah.

loading...

2. Tarik napas dalam-dalam
Tarik napas dalam-dalam sekitar 5 hingga 10 detik. Fokus pada hitungan detiknya. Enyahkan sejenak waktu masalah yang membuat Anda marah atau kesal. Lepaskan napas secara perlahan-lahan melalui mulut.

3. Pikirkan sumber penyebabnya
Adalah penting untuk memikirkan sumber masalah. Kadang-kadang, menyadari sumber masalah justru membuat Anda menjadi lebih tenang.

4. Pikirkan solusi jangka pendek
Misalnya saja, saat Anda marah lantaran suami menghabiskan banyak uang dengan teman-temannya. Solusi tercepatnya adalah Anda keluar dari rumah dan menghabiskan waktu bersama teman-teman. Setelah rasa marah mereda, Anda pulang dan membicarakan masalah itu kepada suami.

Loading...
4 Cara Mengontrol Rasa Ingin Marah | inicarak | 4.5