Loading...

4 Cara Menyamarkan Kerutan di Kulit Karena Stretch Marks

Stretch marks atau kerutan yang muncul pada kulit banyak dialami oleh kaum wanita. Biasanya muncul di daerah perut atau paha. Ini lebih sering dialami oleh wanita yang hamil atau baru melahirkan, meski sebenarnya bukan mustahil kaum pria juga bisa mengalami stretch marks.

Ada banyak ragam penyebab stretch marks. Stretch marks sendiri adalah suatu kondisi di mana permukaan kulit terjadi guratan dan kerutan, ada yang berwarna putih (Stretchmark alba) dan ada yang berwarna merah muda (Stretchmark rubra). Stretch marks terbentuk saat kulit tiba-tiba harus meregang melebihi laju pertumbuhan alaminya, karena itu kondisi ini lebih sering terjadi pada masa kehamilan dan setelah melahirkan.

Munculnya kerutan pada bagian tubuh wanita ini tentu saja tidak menyenangkan. Karena hal ini seringkali dianggap sangat mengganggu, terutama untuk masalah penampilan. Karenanya banyak cara dilakukan untuk menghilangkan stretch marks.

loading...

Cara Menghilangkan Kerutan di Kulit Karena Stretch Marks

Stretch marks sendiri sebenarnya bukanlah sesuatu yang membahayakan, jadi tidak perlu ditakutkan. Anda mungkin hanya perlu khawatir karena stretch marks mengganggu kesempurnaan dalam berpenampilan saja.

Seiring berjalannya waktu stretch marks biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun tentu saja anda tidak akan mau berdiam diri saja membiarkan stretch marks terus muncul dan mengganggu penampilan. Memberikan pijatan halus pada area yang terkena stretch marks merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu mempercepat kerutan hilang. Untuk itu anda bisa menggunakan bahan-bahan tambahan yang bisa membantu dalam proses pemijatan serta memberikan efek untuk menghilangkan stretch marks. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membantu proses pemijatan pada bagian tubuh yang terkena stretch marks.

1. Lavender dan minyak chamomile
Untuk memudarkan stretch mark, anda bisa memijat perlahan kulit bagian yang terkena selulit menggunakan campuranan dari minyak lavender dan chamomile. Ulangi pemijatan setidaknya 2-3 kali dalam sehari. Jangan lupa, agar hasilnya bisa maksimal, proses pemijatan perlu dilakukan secara teratur.

2. Vitamin E
Vitamin E merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit. Dengan vitamin E, ini akan membuat kulit menjadi lebih bersinar dan mencegah gatal-gatal, nanah, atau beberapa keluhan kulit lainnya. Anda bisa mengoleskan tetesan vitamin E dan pijatkan pada area kulit yang terdapat stretch mark. Pemijatan menggunakan vitamin E ini bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

3. Minyak kelapa dan lemon / jeruk nipis
Minyak kelapa atau virgin cococnut oil juga memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk menjaga kekencangan kulit. Anda bias memijat daerah yang terkena stretch marks dengan minyak kelapa hangat. Taburkan pula butiran gula di daerah yang dipijat. Gosok dengan setengah buah lemon, dalam pola melingkar sampai gula larut. Ulangi pemijatan seperti ini sebanyak dua kali sehari. Bila dilakukan secara teratur, maka anda akan bisa melihat stretch marks memudar dalam beberapa hari.

4. Cocoa butter dan shea butter
Cocoa butter atau lemak kakao adalah lemak yang dihasilkan dari buah kakao (Theobroma cacao), sementara itu, shea butter merupakan lemak putih atau berwarna gading yang diekstrak dari kacang pohon African shea (Vitellaria paradoxa).

Campuran dari dua bahan tersebut bisa anda gunakan untuk membantu dalam menyamarkan stretch marks. Caranya anda bisa mengoleskan campuran dari kedua bahan tersebut pada area yang terdapat stretch marks. Agar berhasil secara maksimal, maka anda perlu melakukan secara rutin dan teratur perawatan ini setidaknya dalam sehari anda oleskan empat kali. Lakukan terus hingga stretch marks berhasil dihilangkan.

Sebelum stretch marks benar-benar muncul dan mengganggu penampilan, maka ada baiknya anda bila melakukan pencegahan agar kerutan-kerutan di kulit tidak muncul. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah stretch marks, misalnya dengan memperbanyak konsumsi sayur untuk menutrisi kulit serta menjaga kelembabannya. Bila saat ini anda tengah hamil, maka rajin-rajin mengolesi bagian perut dan bagian kulit tubuh yang rentan mengalami peregangan menggunakan minyak zaitun atau olive oil. Bahan ini kaya akan kandungan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi.

Loading...
4 Cara Menyamarkan Kerutan di Kulit Karena Stretch Marks | admin | 4.5