Loading...

4 Cara Mudah Menghindari Konsumsi Bakso Celeng

Beberapa waktu terakhir ini masyarakat dibuat khawatir dengan adanya berita yang menyebutkan adanya bakso yang dibuat dengan campuran daging celeng atau daging babi. Bagi sebagian orang yang sudah biasa mengonsumsi daging babi, hal ini mungkin bukanlah suatu masalah, namun bagi kita yang merupakan seorang muslim, mengonsumsi daging bagi adalah haram hukumnya.

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk membedakan antara bakso daging sapi dengan bakso daging babi atau daging celeng. Berikut ini tips cara membedakannya seperti yang disampaikan oleh Vinderx Tengker, Executive Chef Hotel Dharmawangsa, seperti yang dikutip dari laman Okezone.

1. Harga lebih murah
Yang pertama yang harus diwaspadai adalah mengenai harga bakso yang dijual. Biasanya, bakso daging babi akan dijual lebih murah daripada bakso daging sapi. Hal ini karena daging babi sedikit peminatnya, sehingga untuk menarik minat harganya lebih murah.

loading...

2. Kenali pedagangnya
Dengan mengenali pedagang penjual bakso, ini merupakan cara yang terbaik dalam menjaga rasa kepercayaan Anda dalam menyantap bakso buatannya. Biasanya, bila Anda kenal akrab dengan pedagangnya, maka dia tidak akan ragu untuk memperlihatkan daging mentah yang akan diprosesnya menjadi bakso. Namun kalau ternyata dia tidak mau memperlihatkan meskipun Anda sudah akrab dengannya, maka Anda wajib mencurigainya.

3. Aroma daging
Biasanya, daging celeng akan lebih beraroma tajam ketimbang daging sapi. Ini karena daging babi kaya lemak. Ketika dimasak, maka aroma lemak babi akan muncul sehingga lebih wangi dan gurih.

4. Kuah berminyak
Munculnya minyak pada kuah bakso lantaran berasal dari lemak daging celeng alias babi hutan. Lemak pada daging celeng lebih banyak ketimbang daging sapi. Untuk mengetahui bahwa minyak pada kuah bakso berasal dari daging babi, caranya adalah dengan mendiamkan bakso dan kuahnya hingga dingin. Setelah itu, cicipilah. Jika terasa keset di mulut, itu berasal dari lemak daging.

Loading...
4 Cara Mudah Menghindari Konsumsi Bakso Celeng | inicarak | 4.5