Loading...

4 Faktor Penyebab Menurunnya Kualitas Sperma

Selain dari pihak wanita, masalah sulit hamil juga bisa dipengaruhi dari pihak pria. Salah satunya adalah pengaruh dari kualitas sperma. Kualitas sperma pria ikut berperan penting dalam mempengaruhi apakah wanita bisa cepat hamil atau tidak.

Menurut Dr. Noroyono Wibowo, SpOG (K) selaku Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesi (POGI), ada beberapa penyebab yang bisa menurunkan kualitas sperma pria.

1. Kurangnya variasi makanan yang dikonsumsi
Bagi pria yang ingin spermanya berkualitas, tak hanya harus mengonsumsi makanan sehat, namun juga memvariasikannya. Pola makan akan mempengaruhi produksi sperma.

loading...

Banyak pria yang beranggapan bahwa mengonsumsi makanan tertentu akan bisa meningkatkan kualitas sperma. Memang benar ada makanan yang bisa untuk meningkatkan kualitas sperma, namun ini tidak cukup. Misalnya saja ada vitamin tertentu yang tidak terdapat di jeruk, maka harus mengonsumsi buah-buahan lain. Sama seperti, protein yang terdapat dalam daging kambing, pasti berbeda dengan protein dalam daging sapi, ayam atau ikan. Jadi, perlu divariasikan demi kecukupan nutrisi.

2. Kurang olahraga
Pria yang secara teratur melakukan olahraga lebih cenderung memiliki produksi dan kualitas sperma yang lebih baik.

3. Pola hidup yang tak sehat
Salah satu cara hidup sehat yang membantu meningkatkan jumlah dan kelincahan sperma adalah membiasakan tidur malam tepat waktu. Untuk itu, hindari kebiasaan begadang atau tidur malam karena bisa mempengaruhi kualitas sperma Anda.

4. Kebiasaan Merokok
Selain bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, kebiasaan merokok juga bisa memengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Menurut Dr. Noroyono, “Pria yang merokok 12 batang per hari, kualitas spermanya turun hingga 42 persen”.

Panduan Cara Cepat Hamil

Loading...

Hasil pencarian:

begadang mempengaruhi kualitas sperma, pengaruh begadang terhadap kualitas
4 Faktor Penyebab Menurunnya Kualitas Sperma | inicarak | 4.5