Loading...

4 Gejala Penanda Kehamilan yang Harus Anda Tahu

Awal kehamilan memang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, misalnya melakukan pengecekan dengan alat tes kehamilan atau melakukan pengecekan ke dokter kandungan. Selain itu, kehamilan juga bisa diketahui dengan memperhatikan munculnya beberapa perubahan atas apa yang Anda rasakan sehari-hari.

Biasanya, orang yang hamil akan mengalami rasa mual hingga perubahan fisik berupa perut yang membesar. Namun tidak hanya itu saja, selain mual dan perut membesar, masih ada beberapa tanda-tanda hamil lainnya yang mungkin terjadi. Apa saja itu?

Berikut adalah gejala-gejala kehamilan yang harus Anda ketahui, seperti yang dijelaskan oleh laman Babyzone.

loading...

1. Sakit punggung
Sakit punggung biasanya dialami oleh ibu hamil, namun biasanya hal ini tidak menjadi masalah di trimester kedua dan ketiga. Penyebab sakit punggung biasanya dikarenakan oleh strain fisik dan mental.

2. Sering sakit kepala

Pada beberapa wanita, sakit kepala juga bisa menjadi pertanda mereka hamil. Biasanya hal ini dikarenakan kadar estrogen yang lebih tinggi. Selain itu, penyebab lain sakit kepala yang dialami oleh ibu hamil adalah dikarenakan dehidrasi, kafein dan ketegangan mata.

3. Ngidam makanan

Di suatu waktu, Anda begitu menginginkan makanan tertentu. Namun hal ini tidak selalu berarti menjadi pertanda kehamilan. Pasalnya, mengidam makanan tertentu juga bisa disebabkan karena pola makan yang buruk, stres dan juga depresi jelang menstruasi.

4. Areola menggelap
Ketika daerah di sekitar puting Anda jadi lebih gelap, ini bisa jadi merupakan tanda umum kehamilan yang dimulai sekira 1-14 minggu setelah pembuahan dan berlangsung selama kehamilan. Namun perlu Anda tahu juga, bahwa ketidakseimbangan hormon juga bisa memicu gejala ini.

Loading...
4 Gejala Penanda Kehamilan yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5