Loading...

4 Hal Tentang Sambal yang Perlu Anda Tahu

Banyak makanan Indonesia yang dalam setiap penyajiannya selalu menyertakan sambal. Bahkan saking populernya, sekarang ini untuk dapat menikmati sambal tidak lagi harus capek mengulek sambal karena sekarang sudah banyak jenis sambal yang dijual di supermarket. Tinggal piliha, mau sambal bawang, sambal tomat, sambal terasi, sambal kecap, sambal bajak, sambal abon, sambal ikan, atau saus sambal.

Bila anda lebih suka untuk mengulek sambal “nyambel” sendiri daripada beli di supermarket, berikut ini 4 tips hal yang perlu anda tahu tentang sambal:

1. Saat akan membuat sambal, pilihlah cabai yang segar. Jangan sampai ada salah satu yang busuk.

loading...

2. Simpan sisa cabai dengan cara yang benar. Buang tangkainya, lalu cuci hingga bersih. Tiriskan hingga kering, baru masukkan ke kantung plastik yang sudah dilubangi. Atau gunakan wadah kedap udara. Simpanlah di lemari pendingin.

3. Jika ingin sambal mentah, buatlah ketika akan dimakan. Sesuaikan banyaknya sambal dengan kebutuhan sekali makan, karena sisanya kurang lezat jika sudah dibiarkan lama. Jangan lupa untuk mencuci cabai dan bumbu-bumbu lainnya sebelum diulek. Gunakan air matang dan cuci sampai bersih.

4. Sambal matang lebih awet atau tahan lama dibanding sambal mentah. Apabila dimasak hingga matang dan harum, sambal matang dapat bertahan selama dua hari.

Loading...

Hasil pencarian:

berapa lama sambel bajak bisa bertahan, ikan sambal bisa bertahan berapa lama, sambal mentah bertahan berapa hari?
4 Hal Tentang Sambal yang Perlu Anda Tahu | inicarak | 4.5