Loading...

4 Khasiat Kunyit Putih atau Temu Rapet untuk Kesehatan

Kunyit putih atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama temu rapet ini merupakan kerabat rempah kencur. Temu rapet tidak banyak digunakan untuk bumbu masak tetapi lebih banyak untuk pengobatan dan jejamuan.

Penggunaan kunyit putih untuk obat alami bisa dilakukan menjadi obat dalam maupun obat luar. Penggunaannya dilakukan dengan direbus untuk diminum air sarinya maupun dihaluskan untuk ditempelkan pada bagian yang akan diobati.

Berikut ini adalah empat manfaat dan khasiat kunyit putih atau temu rapet:

loading...

1. Obat masuk angin
Cuci bersih 200 gram kunyit putih, kupas dan parut lalu diambil airnya. Rebus dan minum selagi masih terasa hangat. Bisa juga ditambah madu secukupnya untuk memberi rasa manis.

2. Gangguan pencernaan
Cuci bersih satu rimpang kunyit putih ukuran sedang, lalu di kupas. Setelah itu bisa langsung dikunyah.

3. Obat luar
Ambil beberapa rimpang kunyit putih, kupas, lalu tumbuk atau parut. Campur dengan asam kawak. Balurkan bubuk atau hasil parutan campuran kedua bahan tersebut ke bagian kaki yang sakit, linu, maupun bengkak. Agar lebih hangat dan lembut, campur dengan minyak kelapa.

4. Minuman kesehatan
Tidak hanya jahe yang bisa dijadikan minuman kesehatan, kunyit putih juga bisa. Caranya ambil rimpang kunyit kurang lebih 100 gram atau secukupnya. Parut untuk kemudian diambil airnya. Anda bisa menambahkan madu agar rasanya agak manis. Minum sehari sekali. Ramuan juga dapat digunakan untuk memperlancar aliran air seni, obat diare, dan menambah nafsu makan.

Loading...
4 Khasiat Kunyit Putih atau Temu Rapet untuk Kesehatan | inicarak | 4.5