Loading...

4 Kondisi Penyebab Sembelit

Bermasalah dengan sembelit tentu membantu kita jadi tidak nyaman dalam beraktivitas. Sembelit bisa muncul kapan saja. Meski banyak beranggapan kalau sembelit muncul akibat dari kurangnya mengonsumsi serat, namun nyatanya beberapa orang tetap saja mengalami sembelit meski sudah rajin makan buah dan sayur.

Ternyata, pada kondisi tertentu juga bisa menyebabkan seseorang mengalami sembelit. Misalnya saat sedang berada di perjalanan. Tidak sedikit orang yang berspekulasi bahwa tempat barulah yang membuatnya menjadi sulit untuk buang air besar, padahal tidak selalu begitu.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Womenshealthmag, berikut adalah beberapa penjelasan mengenai beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami sembelitSembelit, di antaranya:

loading...

1. Saat dalam perjalanan
Ketika anda sedang melakukan perjalanan jauh atau pergi berlibur, mungkin saja anda makan makanan yang tidak biasa dimakan. Kondisi inilah yang menurut pengamat kesehatan, sering kali membuat kita lupa untuk mengonsumsi makanan berserat dan menyebabkan perubahan pada kebiasaan buang air besar.

Mengonsumsi cukup serat setiap hari bisa membuat buang air besar lancar dan bisa dilakukan secara teratur, dan mencegah sembelit. Pastikan bahwa anda mendapatkan cukup serat dari makanan seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan gandum.

2. Berhenti melakukan rutinitas olahraga
Mereka yang berhenti melakukan jadwal olahraga rutin, mungkin mengalami konstipasi. Mengubah apa yang biasa anda lakukan pada tubuh, bisa memengaruhi berbagai sistem dalam tubuh, termasuk membuat usus memproses makanan dengan cara yang berbeda.

3. Saat stres
Stres bisa membuat buang air besar menjadi tidak teratur. Stres atau kurang tidur, bisa memengaruhi sistem saraf enteric (pencernaan), yang bisa membuat proses pengeluaran kotoran menjadi lebih sulit.

4. Saat hamil
Dalam masa mengandung, wanita akan mengalami begitu banyak perubahan hormon dan pola makan, ditambah efek stres pada sistem enteric yang bisa ikut bermain. Bila anda sedang hamil dan sering sembelit, maka perhatikanlah pola makanan anda dan hindari makanan yang membuat tidak nyaman.

Loading...
4 Kondisi Penyebab Sembelit | inicarak | 4.5