Loading...

4 Makanan Kaya Serat untuk Mencegah Anak Terkena Sembelit

Banyak anak yang kurang mendapatkan cukup serat. Apalagi bila ternyata ia suka jajan di sekolah. Kebanyakan anak lebih menyukai makanan berlemak yang digoreng, yang ternyata ini bisa menyebabkan si kecil mengalami susah buang air besar dan saluran pencernaannya tidak bekerja secara optimal.

Anak tidak hanya membutuhkan makanan kaya protein dan vitamin, namun juga perlu makanan kaya serat yang banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayur. Nah, bila si kecil menolaknya, maka berikan saja empat jenis makanan kaya serat berikut ini.

1. Sereal
Asupan serat juga bisa didapatkan dari sereal gandum utuh. Per porsinya sekitar satu mangkuk kecil mengandung 3-5 gram serat. Dengan begitu asupan serat harian si kecil jadi terpenuhi dan terhindar dari susah buang air besar.

loading...

2. Sandwich
Hidangan praktis yang satu ini bisa disajikan sebagai menu sarapan atau bekal makan siang. Gunakanlah roti gandum dan isi dengan dengan sayuran seperti selada, tomat dan irisan bawang bombay yang kaya serat. Makin nikmat ditambahkan keju dan daging.

3. Popcorn
Popcorn juga kaya serat yang mencapai 3,5 gram serat per tiga cangkir ukuran sedang. Sebaiknya hindari pemberian popcorn varian asin atau yang ditambahkan mentega, karena cenderung mengandung banyak lemak.

4. Yogurt
Jika si kecil menolak untuk makan buah dan sayuran yang kaya serat, cobalah untuk memberikan makanan lainnya yang juga kaya serat. Jenisnya seperti yogurt (5 gram serat per gelas kecil), selai kacang (1,9 gram serat per 2 sdm) atau hummus (6 gram serat per 100 gram) yang rasanya lembut enak.

Loading...
4 Makanan Kaya Serat untuk Mencegah Anak Terkena Sembelit | inicarak | 4.5