Loading...

4 Makanan Sehat untuk Sahur yang Bikin Perut Kenyang Lebih Lama

Salah satu hal yang dirasakan oleh tubuh ketika kita sedang berpuasa adalah lapar. Ini terjadi karena selama berpuasa kita tidak diperkenankan untuk makan ataupun minum. Maka adalah normal jika kita merasakan lapar ketika sedang berpuasa. Awalnya memang terasa sangat berat, namun setelah beberapa kali menjalankan puasa tubuh kita akan terbiasa dengan rasa lapar tersebut.

Makan sahur adalah waktu yang tepat untuk kita mengonsumsi makanan atau minuman sehat untuk menyimpan cadangan energi di siang hari selama berpuasa. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman sehat yang bisa kita jadikan sebagai menu untuk sahur yang bisa membuat perut kenyang lebih lama :

1. Sayur dan buah-buahan
Serat yang terkandung dalam buah dan sayur adalah jenis karbohidrat yang sulit dicerna. Makanan jenis ini akan lebih lama berada dalam lambung sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama daripada jenis makanan lainnya. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya juga bisa membuat tubuh kita menjadi lebih segar meskipun sedang berpuasa.

loading...

2. Daging tanpa lemak
Karena daging tanpa lemak banyak mengandung protein yang tinggi, maka mengonsumsinya untuk makan sahur bisa membuat lambung kita akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya. Hasilnya, perut kita akan merasakan kenyang lebih lama bahkan hingga tengah hari.

3. Ikan
Ikan kaya akan protein sehingga cocok untuk lauk sahur. Untuk menu sahur ikan, usahakan jangan mengolahnya dengan cara digoreng atau dibakar, hasilnya akan lebih berkualitas jika Anda mengolahnya dengan cara dipanggang atau dikukus.

4. Kacang hijau dan susu kedelai
Kacang hijau dan susu kedelaikaya akan kandungan protein. Selain memang terbukti bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama, minuman ini juga sangat kaya akan protein dan serat.

Loading...
4 Makanan Sehat untuk Sahur yang Bikin Perut Kenyang Lebih Lama | inicarak | 4.5