Loading...

4 Makanan Sehat yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang tinggi bisa membahayakan kesehatan tubuh karena bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menghindari dari terkena kolesterol tinggi, sangat disarankan untuk melakukan gaya hidup sehat misalnya dengan rajin olahraga dan juga diet yang seimbang.

Membatasi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah juga bisa membantu mencegah kolesterol tinggi.

Namun bila kolesterol tinggi sudah terlanjur menyerang, Anda bisa mencoba mengonsumsi empat makanan sehat yang ampuh untuk memerangi kolesterol berikut ini:

loading...

1. Alpukat
Berdasar studi yang dilakukan oleh Instituto Mexicano del Seguro Social, mengonsumsi sebutir buah alpukat sehari selama satu minggu sangat efektif untuk menurunkan kolesterol hingga 17 persen.

2. Kedelai
Menggantikan protein hewani, kedelai membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Mengonsumsi 25 sampai 50 gram protein kedelai per hari bisa menurunkan kolesterol LDL sebesar 4 hingga 8 persen.

3. Tomat
Penelitian terhadap 35.000 wanita AS oleh ilmuwan di Boston menyebutkan, makan tujuh porsi tomat per minggu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 30 persen.

Tomat merupakan sumber antioksidan jenis lycopene yang bermanfaat mengurangi kolesterol “jahat” LDL.

4. Oatmeal
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menyebutkan bahwa mengonsumsi semangkuk besar oatmeal per hari bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat 2 sampai 3 persen.

Oatmeal bisa disajikan sebagai menu sarapan, atau camilan dengan cara ditaburkan pada yoghurt. Untuk penderita kolesterol tinggi, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi oatmeal setidaknya 10 sampai 25 gram sehari dan minum banyak air.

Loading...
4 Makanan Sehat yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol | inicarak | 4.5