Loading...

4 Makanan Sumber Yodium yang Sangat Penting untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, untuk membantu proses perkembangan otak janin, ibu hamil sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan akan asupan yodium. Dalam sehari, ibu hamil setidaknya membutuhkan asupan yodium sebanyak 220 mcg, sementara untuk ibu menyusui membutuhkan yodium sebanyak 290 mcg.

Kekurangan yodium saat kehamilan akan menyebabkan kemungkinan 60 persen bayi terlahir dengan risiko IQ rendah dan kemampuan membaca yang buruk, demikian seperti yang dilansir oleh Dailymail. Sayangnya, masih banyak calon ibu yang belum tahu akan pentingnya kecukupan yodium.

Untuk memastikan kebutuhan akan yodium selama masa kehamilan tercukupi, ibu hamil bisa mengonsumsi lima makanan terbaik untuk meningkatkan kadar yodium berikut ini:

loading...

1. Kentang
Dalam sebutir kentang berukuran sedang terkandung 60 mcg yodium, atau sekitar 40 persen dari asupan yodium harian yang direkomendasikan. Selain itu kentang juga mengandung serat, vitamin, dan kalium.

2. lobster, Udang, dan tuna kaleng
Lobster mengandung 60 persen dari jumlah yodium harian yang disarankan. Dalam seratus gram lobster terkandung 100 mcg yodium, lengkap dengan kandungan lemak rendah dan juga karbohidrat.

Udang mengandung 35 mcg yodium, yang menyumbang 25 persen asupan harian yang disarankan. Selain yodium, udang juga kaya akan protein, vitamin B-12, dan zat besi.

Tuna kalengan mengandung yodium 17 mcg atau 11 persen DV; selain tinggi kadar protein, vitamin D, dan zat besi.

3. Stroberi
Secangkir sajian stroberi mengandung 13 mg yodium, kira-kira kurang dari 10 persen DV. Kandungan folat dan vitamin B dalam buah stroberi membantu kesehatan ibu hamil.

Menurut Ohio State University (OSU), sama seperti yodium, folat juga sangat penting selama tahap awal kehamilan, yakni untuk membantu perkembangan sistem saraf, tengkorak, dan sumsum tulang belakang bayi.

4. Keju Cheddar
Taburan keju cheddar pada burger, roti, atau salad mengandung 12 mcg yodium (8 persen DV). Menurut University of California San Francisco Medical Center (UCSF), selain yodium, dalam keju juga terkandung protein, besi, seng, dan kadar kalium yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.

Panduan Cara Cepat Hamil

Loading...

Hasil pencarian:

sayuran hijau yang mengandung yodium, sayuran hijau yg mengandung yodium
4 Makanan Sumber Yodium yang Sangat Penting untuk Ibu Hamil | inicarak | 4.5