Loading...

4 Makanan untuk Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar

Sembelit atau susah buang air besar (BAB) bisa menyebabkan sakit perut dan perut buncit. Tapi Anda jangan khawatir, karena mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu bisa membantu meringankan keluhan sembelit Anda secara alami.

Seperti yang dilansir Magforwomen, berikut beberapa contoh makanan yang secara alami efektif dalam mengurangi masalah sembelit atau susah buang air besar.

1. Aneka buah berry
Berbagai jenis buah berry, termasuk stroberi, raspberry, blueberry dan blackberry merupakan jenis buah yang baik untuk meringankan sakit perut karena sembelit. Ini karena buah berry mengandung serat yang tinggi, rendah kalori dan penuh dengan kandungan antioksidan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menjadikan buah berry sebagai makanan penutup, salad atau camilan.

loading...

2. Aneka buah-buahan kering
Mengemil buah-buahan kering seperti buah kismis, aprikot, kurma, plum tidak hanya bisa mencegah mengemil tak sehat, namun makanan ini juga bisa bertindak sebagai obat pencahar alami karena serat yang terkandung di dalamnya.

3. Roti gandum
Beralih ke roti gandum saat mengalami sembelit bisa membantu meredakan keluhan sembelit Anda. Hal ini karena roti gandum memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi.

4. Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang kenari dan almond merupakan sumber makanan yang tinggi akan serat. Dimana mengonsumsi segenggam kacang setiap hari akan membantu Anda dalam mengurangi sembelit dalam jangka panjang.

Loading...
4 Makanan untuk Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar | inicarak | 4.5