Loading...

4 Manfaat Kolostrum yang Perlu Ibu Tahu

Kolostrum adalah susu pertama yang diproduksi setelah melahirkan dan mengandung banyak immunoglobulin, rantai antimicrobial (lactoferrin dan lactoperoxidase) serta molekul bioaktif lain termasuk faktor pertumbuhan.

Kolostrum berbentuk seperti susu, kental dan berwarna lebih kekuning-kuningan lebih kental karena lebih banyak mengandung protein dan vitamin A serta zat kekebalan tubuh yang penting untuk melindungi bayi dan penyakit infeksi. Biasanya kolostrum sudah diproduksi pada tahap akhir kehamilan sehingga sudah ada segera setelah melahirkan sampai hari ke-7 kelahiran.

Karena produksi kolostrum ini hanya terbatas, maka sangat penting untuk langsung memberikan ASI begitu bayi lahir. Dengan langsung menyusui, bayi bisa juga mendorong produksi ASI sehingga kolostrum yang mungkin terserap bayi makin banyak.

loading...

Bersumber dari Buku Panduan Manajemen Laktasi: Dit.Gizi Masyarakat-Depkes RI, 2001, setidaknya ada empat manfaat kolostrum untuk bayi:

  1. Kolostrum mengandung zat kekebalan terutama Immunoglobulin (IgA) untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare.
  2. Kolostrum mengandung protein, vitamin A yang tinggi dan mengandung karbohidrat dan lemak rendah , sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahiran.
  3. Jumlah kolostrum yang diproduksi bervariasi tergantung dari hisapan bayi pada hari-hari pertama kelahiran. Walaupun sedikit namun cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.
  4. Membantu mengeluarkan mekonium yaitu kotoran bayi yang pertama berwarna hitam kehijauan.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari kolostrum, misalnya melindungi bayi dari diare karena kolostrum mengandung zat kekebalan tubuh 10-17 kali lebih banyak dibanding susu matang (mature). Kolostrum juga mengandung sel darah putih (leukosit) dalam jumlah besar yang dapat melawan bakteri dan virus.

Loading...
4 Manfaat Kolostrum yang Perlu Ibu Tahu | inicarak | 4.5