Loading...

4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Sudah banyak yang membuktikan akan manfaat puasa untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan penelitian tentang puasa pun pernah dilakukan guna untuk mengetahui manfaat puasa. Hasilnya, puasa memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Puasa bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, tentunya jika disertai dengan mengonsumsi makanan yan sehat daat sahur dan berbuka puasa. Beberapa manfaat puasa untuk kesehatan tubuh diantaranya:

1. Mengistirahatkan pencernaan
Dengan berpuasa kita bisa mengistirahatkan sistem pencernaan untuk sementara waktu. Dengan demikian, organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung, dan usus bisa bekerja lebih optimal ketika akan mencerna makanan kembali.

loading...

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Puasa bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena meningkatnya jumlah sel darah putih, terutama pada minggu kedua puasa. Sehingga membuat tubuh kita kuat dan terhindar dari serangan penyakit.

3. Detoksifikasi alami
Puasa bisa membantu proses detoksifikasi alami dalam tubuh, yaitu menetralisir racun dalam tubuh. Ketika lambung kosong, proses penyerapan nutrisi makanan akan lebih sempurna sehingga tubuh tidak menyimpan sisa makanan yang membusuk dan tidak diperlukan oleh tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi
Puasa juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kadar gula dalam darah dan kolesterol, karena pada saat puasa konsumsi makanan yang mengandung lemak, gula, dan kolesterol tinggi akan berkurang.

Loading...
4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan | inicarak | 4.5