Loading...

4 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Siang hari adalah waktunya untuk kita bekerja. Namun demikian, tubuh tetap membutuhkan istirahat untuk menjaga agar tubuh tetap bugar. Salah satu cara istirahat yang bisa dilakukan adalah dengan tidur siang.

Tidur siang tidak hanya sekedar untuk menghilangkan rasa kantuk karena tubuh kelelahan. Bahkan efek dari kurang tidur bisa dihilangkan dengan tidur siang, juga ini bermanfaat untuk mestimulasi energi dan produktivitas dan memperbaiki fungsi kognitif. Apakah hanya itu manfaat tidur siang?

Seperti yang dikutip dari laman Healthmonitor, ada beberapa manfaat dari tidur siang. Berikut diantaranya:

loading...

1. Meningkatkan kewaspadaan dan performa.

2. Jadi lebih sedikit mengalami kecelakaan dan kesalahan.

3. Memperbaiki gejala orang yang menderita narkolepsi (gangguan yang ditandai dengan kantuk di siang hari yang berlebihan, serangan tidur tak terkendali).

4. Sebuah dorongan psikologis yang membuat anda merasa diremajakan kembali. Selain itu, juga membuat anda lebih santai.

Bagi yang belum terbiasa, bukan tidak mungkin bahkan ia tidak bisa tidur. Karena itu cara cepat tidur siang memang akan dirasakan ketika sudah terbiasa melakukannya. Cara tidur cepat yang pertama bisa dilakukan dengan mencari dulu tempat yang tenang, nyaman, dan jauh dari distraksi untuk tidur siang. Bahkan bila anda rasa meja kerja cukup tenang, anda bisa gunakan itu sebagai tempat tidur.

Pada prinsip sebenarnya adalah tidak memaksakan diri untuk tidur siang. Jika memang sudah dicoba namun tetap tidak bisa, tidak perlu dipaksa. Yang penting sudah mencoba untuk mengistirahatkan pikiran.

Oya, tidur siang tidak perlu lama. Waktu lamanya tidur siang yang ideal adalah 10-20 menit sudah cukup. Jangan lebih karena nanti justru akan membuat anda susah tidur di malam hari.

Loading...
4 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan | inicarak | 4.5