Loading...

4 Tipe Orang yang Tidak Boleh Sembarangan Cabut Gigi

Mencabut gigi dilakukan oleh dokter gigi. Cabut gigi dilakukan saat gigi pasien sudah mengalami goyang atau jika ternyata gigi yang akan dicabut sudah tidak bisa lagi ditambal karena lubang, keropos atau membusuk.

Tidak selalu gigi yang sakit bisa dicabut. Misalnya jika gigi yang akan dicabut masih infeksi. Pada kondisi tersebut gigi belum boleh dicabut. Karena mencabut gigi saat masih infeksi bisa merusak pembuluh darahnya yang berakibat kuman di gigi tersebut bisa menyebar ke organ-organ lain di tubuh seperti paru-paru, mata, hati atau organ lain yang justru bisa menimbulkan masalah baru.

Selain karena gigi yang infeksi, ada juga beberapa kondisi lain dimana seseorang tidak boleh dicabut giginya, yaitu:

loading...

1. Wanita yang sedang hamil
Untuk ibu hamil sebaiknya menghindari mencabut gigi terutama pada saat usia kehamilan trimester pertama dan ketiga. Karena diduga obat bius (anestesi) yang diberikan sebelum proses mencabut gigi kemungkinan bisa menimbulkan kontraksi yang bisa berakibat pada keguguran.

2. Penderita diabetes
Pada umumnya orang yang memiliki diabetes akan sulit sembuh jika terjadi luka. Padahal semua orang tahu kalau mencabut gigi akan menimbulkan luka bolong di gusi yang cukup besar. Oleh karena itu, sebaiknya orang yang akan mencabut gigi terlebih dahulu mengontrol gula darah, jika kadarnya sudah normal baru boleh cabut gigi.

3. Penderita sakit yang berhubungan dengan pembuluh darah
Orang yang mempunyai riwayat penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti jantung, sebaiknya sebelum mencabut gigi terlebih dahulu memeriksakan kondisi kesehatannya.

4. Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi
Saat tekanan darah seseorang sedang tinggi, maka tekanan yang dihasilkan di pembuluh darah juga besar. Jika saat itu dilakukan cabut gigi, maka bisa menyebabkan pendarahan atau darah susah sekali untuk dihentikan.

Loading...
4 Tipe Orang yang Tidak Boleh Sembarangan Cabut Gigi | inicarak | 4.5