Loading...

4 Tips Agar Kualitas Tidur Tetap Terjaga Saat Puasa

Kegiatan sahur di bulan Ramadhan membuat jadwal tidur kita jadi terganggu. Jika biasanya saat subuh kita baru bangun, maka selama puasa kita sudah bangun tidur beberapa jam sebelum subuh. Berkurangnya waktu tidur ini tentu bisa jadi akan mengganggu kegiatan keseharian kita. Bisa jadi, saat bekerja kita akan sulit untuk berkonsentrasi dan merasa sakit kepala.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda bisa mencoba tips untuk membuat tidur lebih baik di bulan Ramadan, seperti yang dikutip dari laman Daily Health Post berikut ini:

1. Miliki jadwal tidur reguler
Walaupun di hari kerja jam tidur jadi begitu berkurang, namun jangan sampai kita melakukan “balas dendam” di akhir pekan. Cobalah untuk menjaga agar jadwal bangun dan tidur yang sama setiap harinya.

loading...

2. Olahraga setiap hari
Lakukan olahraga setiap hari, tak perlu yang olahraga berat. Cukup dengan melakukan joging ringan atau yoga selama 5 atau 10 menit sesaat sebelum waktu berbuka.

3. Hindari camilan sebelum tidur
Ketika makanan dicerna, tubuh akan meningkatkan metabolisme dan mempercepat denyut jantung. Hal ini akan membuat seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak. Untuk itulah maka sebaiknya hindari makan satu hingga dua jam sebelum berangkat tidur.

4. Hindari stimulan
Stimulan seperti kafein dan nikotin akan membuat seseorang jadi merasa gelisah yang pada akhirnya membuat sulit untuk tidur nyenyak. Waspadai juga stimulan yang terkandung pada obat alergi.

Pada sebagian orang, minum kopi atau susu bisa membuat susah tidur. Untuk itu, ada baiknya untuk menghidari meminum minuman tersebut sebelum berangkat tidur.

Loading...
4 Tips Agar Kualitas Tidur Tetap Terjaga Saat Puasa | inicarak | 4.5