Loading...

4 Tips Bagaimana Cara Sukses Menghemat Agar Bisa Menabung Uang Lebih Banyak

Setiap orang tentunya ingin memiliki banyak uang dan bisa menjadi kaya raya. Namun untuk itu pastilah tidak semudah yang diinginkan. Perlu penghematan agar bisa terus memiliki uang sehingga ketika nanti dalam kondisi kepepet kita tidak perlu kelabakan kesana kemari meminta pinjaman uang.

Memang sangat berat rasanya untuk bisa berhemat dan menabung. Terlebih bila selama ini kita sudah biasa hidup boros dan baru ingin memulai untuk menabung. Belanja tanpa dipikirkan terlebih dahulu apakah benda tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Tips Cara Sukses Menghemat Agar Bisa Menabung Uang Lebih Banyak

Menabung dan berhemat memang sulit untuk dilakukan. Karena itu harus ada paksaan dari dalam diri untuk bisa menabung dan menahan diri dari sifat konsumtif.

loading...

1. Tentukan tujuan

Salah satu cara untuk memaksa diri agar bisa menabung adalah dengan menentukan tujuan pertama kita menabung. Misalnya karena kita ingin liburan ke Bali atau mungkin juga ke luar negeri. Dengan memiliki tujuan yang kuat seperti ini, maka mau tidak mau kita harus menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

2. Perhatikan pengeluaran bulanan

Perhatikan kemana dan untuk apa saja uang setiap bulannya dikeluarkan. Jika selama ini anda tidak memikirkan dua kali ketika mengeluarkan uang, maka mulai sekarang harus lebih berhati-hati. Jangan sampai target pengeluaran uang bulanan melebihi target. Yang pasti, perhatikan baik-baik apa saja biaya pengeluaran dan juga uang yang masuk dalam sebulan. Jika memungkinkan, buatlah catatan keuangan sendiri.

3. Buat sebuah tantangan

Anda tentu pernah melihat orang yang berhasil menguruskan badan dalam waktu hanya satu bulan. Kebanyakan mereka bisa berhasil menguruskan badan setelah mengikuti tantangan untuk melakukan olahraga dan diet secara gila-gilaan.

Nah, untuk memotong pengeluaran bulanan, anda juga bisa tantangan sendiri bersama keluarga. Misalnya saja, tantang diri anda untuk tidak membeli apa pun sama sekali selama satu bulan, kecuali untuk kebutuhan pokok seperti beras, telur, sayur, shampoo, dan lainnya. Tahan keinginan untuk membeli baju, aksesoris, makan di restoran, dan sebagainya.

4. Tidak membeli makanan jadi

Hidup hemat bukan berarti anda harus hidup sengsara. Sama halnya dengan menahan diri untuk makan di kafe atau restoran. Dengan cara memasak makanan sendiri di rumah, maka otomatis biaya pengeluaran akan berkurang.

Itulah keempat cara mudah untuk berhemat agar bisa menabung lebih banyak uang. Dengan demikian, anda akan punya lebih banyak uang yang bisa disimpan dan dikemudian bisa digunakan untuk hal-hal yang mungkin jadi lebih bermanfaat.

Loading...
4 Tips Bagaimana Cara Sukses Menghemat Agar Bisa Menabung Uang Lebih Banyak | admin | 4.5