Loading...

4 Tips Cara Agar Terhindar dari Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling ditakutkan oleh kaum wanita. Padahal, kanker payudara juga bisa menyerang kaum pria. Seirng dengan bertambahnya usia, risiko seseorang terkena kanker payudara akan semakin meningkat. Karena itulah maka anda harus mengetahui tentang bagaimana cara tepat merawat payudara.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk merawat payudara agar terhindar dari kanker payudara. Namun perlu anda ketahui bahwa beda usia, beda pula cara merawatnya. Apabila anda belum mengetahui cara merawat payudara dengan tepat, seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut ini ulasan mengenai cara merawat payudara sesuai usia agar terhindar dari kanker payudara yang bisa dijadikan referensi.

1. Cara merawat payudara untuk usia 20-an
Apabila anda mendeteksi adanya benjolan sebelum periode menstruasi, maka anda harus memeriksakan payudara lagi setelah menstruasinya berakhir. Pada kelompok usia ini, benjolan payudara umumnya terjadi akibat adanya perubahan hormonal dan akan hilang secara alami saat menstruasi berakhir. Akan tetapi, bila benjolan tersebut ternyata tetap ada dalam waktu yang lama, maka sangat penting untuk segera melakukan USG pada payudara anda. Hal tersebutu bertujuan untuk mengetahui indikasi benjolan, apakah benjolan tersebut adalah sebuah tumor atau memang hanya karena faktor hormonal. Selain itu, melakukan biopsi jarum juga bisa dijadikan andalan untuk menghilangkan kemungkinan kanker. Pada kelompok usia ini, biasanya mamografi tidak dianjurkan.

loading...

2. Cara merawat payudara untuk usia 30-an
Pada kelompok usia ini, biasanya akan muncul beberapa masalah payudara, misalnya saja adalah infeksi dan puting mengeluarkan cairan. Karena itu disarankan agar setiap tiga bulan sekali melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Tujuannya adalah untuk memeriksa setiap perubahan abnormal pada payudara. Tidak hanya itu saja, untuk mendeteksi kemungkinan kanker dalam tubuh wanita juga bisa melakukan mammografi dan USG.

3. Cara merawat payudara untuk usia 40-an
Pada kelompok wanita usia ini, sangat mungkin bahwa wanita mengalami masalah pada payudara, seperti misalnya mengalami nyeri pada payudara, adanya perubahan kulit, benjolan, dan puting mengeluarkan cairan. Untuk jenis pengobatannya yang dianjurkan sendiri tergantung pada kondisi keluhan tersebut yang dialami. Melakukan pemeriksaan payudara sendiri disarankan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Tujuannya adalah untuk memeriksa setiap perubahan abnormal pada payudara.

Tidak hanya itu saja, melakukan deteksi dengan mammografi dan ultrasound juga sangat disarankan apabila teraba benjolan dalam payudara. Selain itu, sebuah biopsi jarum juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mendeteksi kemungkinan adanya kanker dalam tubuh. Adapun wanita yang berisiko tinggi terkena kanker payudara adalah orang-orang yang memiliki gen “BRCA”. Kemudian, orang yang memiliki kerabat dekat yang menderita kanker payudara pada usia muda juga sangat berisiko mengalami kanker. Untuk itu, sangat disarankan untuk melakukan skrining pada usia muda.

4. Cara merawat payudara pada usia 50-an dan seterusnya
Segala sesuatu yang dianjurkan untuk kaum usia 40-an, juga berlaku untuk wanita di atas 50. Hanya dalam kasus ini, mamografi bisa dilakukan setiap satu sampai dua tahun sekali, tergantung apakah pasien memiliki faktor risiko atau tidak.

Loading...

Hasil pencarian:

cara merawat payudara agar terhindar dari kanker
4 Tips Cara Agar Terhindar dari Kanker Payudara | inicarak | 4.5